Memilih Wajan Penggorengan Berdasarkan Material Pembuatnya

Awal kesehatan adalah berasal dari makanan. Makanan yang baik berasal dari proses memasak yang baik. Memasak yang baik berasal dari peralatan masak yang baik. Termasuk wajan penggorengan yang baik.

Kualitas penggorengan yang baik berasal dari material pembuatnya. Sudahkah perasalatan masak di rumah Anda menjadikan makanan yang baik. Untuk mengetahuinya, kenali dahulu material pembuat wajan penggorengan.

Material yang sering digunakan untuk membuat wajan

  1. Alumunium

Bahan alumunium adalah bahan yang paling banyak dipilih oleh rumah tangga. Selain karena harga yang paling murah, juga ringan digunakan.

Namun taukah Anda apa kelebihan dan kekurangannya.

Kelebihan : kuat, ringan, serbaguna, dapat didaur ulang.

Kekurangan : mudah berlubang karena tipis, tidak dipalaisi bahan lain, rentan pengikisan sehingga logam beracun dapat masuk pada makanan. Terdapat banyak isu kesehatan yang menyertai peralatan masak dari alumunium, misalnya tidak aman menurut kesehatan karena kadar neurotoksik yang menghambat pembelahan sel di dalam tubuh, dan dapat merusak sistem saraf seperti pada penyakit Alzheimer. Namun kebenaran ini masih belum dibenarkan oleh ahli.

pexels.com
  1. Stainlees stel

Bahan stainless stel memang memiliki kualitas beragam, dari stainles kualitasrendah hingga kualitas yang tinggi.

Kelebihan : cepat panas dan cepat matang, aman secara kesehatan, tahan gores dan tahan lama, anti lenget, tidak mengandung nikel dan kromium.

Kekurangan: harus menggunakan kain untuk mengangkat dari kompor, cepat gosong di dasarnya karena terlalu pasa di atas kompor.

  1. Teflon

Kelebihan : mudah ditemukan dan banyak pilihan, anti lengket, bentuk yang elegan, sudah ada pegangan tangannya terbuat dari plastik.

Kekurangan : mengandung PTFE atau polimer PFOA, yang menganggu kesehatan. Namun hal ini masih diperlukan studi lebih lanjut, dilapisi granit sehingga harga lebih mahal tergantung kualitas. Lebih berat daripada peralatan lain. Mudah tergores, sehingga harus ekstra hati-hati dalam pemilihan spatula.

  1. Keramik

Kelebihan : ringan, aman untuk memasak jika 100 % keramik, meskipun mahal namun tahan lama.

Kekurangan : mudah retak, terkelupas. Timbal dan cadmium akan tercampur ketika sudah retak.

  1. Besi

Kelebihan : lebih sehat, lebih cepat matang, penghantar panas yang baik dan panasnya merata, meningkatkan kadar besi dalam tubuh.

Kekurangan : berat dan harus menggunakan kain untuk mengangkat wajan dari kompor, mudah karatan, sulit dan ribet ketika membersihkan. Pada saat digunakan akan menimbulkan asap yang mengganggu kebersihan dapur.

  1. Kaca

Kelebihan : Tidak ada racun yang larut dalam makanan, bau makanan tidak tertinggal, tahan lama dan ramah lingkungan.

Kekurangan : mudah retak ketika terbentur, mudah pecah.

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan wajan penggorengan, sudahkah Anda dapat menentukan mana yang terbaik? Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa cek di situs FeastHome agar Anda lebih tahu tentang wajah penggorengan.

pexels.com

Wajan penggorengan yang cocok untuk dapur minimalis

Memiliki dapur yang tertata rapi dan bersih, meskipun tidak luas, adalah dambaan setiap Ibu rumah tangga. Karena dapur adalah pusat kegiatan seorang Ibu untuk menyajikan makanan yang sehat dan enak untuk keluarga tercinta.

Wajan tidak hanya berfungsi untuk menggoreng lauk pauk, tetapi juga menumis sayuran. Itulah kenapa keberadaan wajah sangatlah penting di dalam sebuah dapur. Meskipun seminimalis mungkin sebuah dapur yang ada.

Jika dapur rumah Anda minimalis, dan tidak memiliki banyak ruang untuk menaruh peralatan yang ribet dan besar. Maka  wajan penggorengan dengan karakter di bawah ini dapat menjadi pertimbangan untuk Anda.

  1. Pilih wajan paling efisien
  2. Yang terbaik menurut penggunaan, misalnya panas merata dan tetap mempertahankan kuaitas makanan yang baik. Wajan yang panasnya tidak berlebihan, sehingga tida mudah gosong dan merusak makanan. Aman secara kesehatan dan tidak menimbulkan asap karena akan merusak kebersihan dapur.
  3. Terdapat cantolan untuk dinding

Sehingga keberadaan wajan tidak akan membuat dapur berantakan, karena bisa dicantolkan. Jadi tidak mengganggu ruang gerak di dapur yang minimalis.

  1. Bahan yang ringan

Sehingga menimbulkan kenyamanan dalam menggunakan. Mudah dipindahkan dan dirapikan.

  1. Ukuran sedang

Jika ukuran terlalu kecil maka untuk memasak masakan yang agak banyak, tidak bisa digunakan. Pilihlah ukuran yang sesuai untuk ukuran masakan harian, yang disesuaikan dengan kebutuhan makan seluruh anggota keluarga yang ada di dalam rumah. Ukuran yang terlalu besar, akan membuat dapur minimalis akan terlihat penuh.

  1. Anti lengket sehingga mudah dibersihkan

Namun pastikan bahwa anti lengket berlabel aman untuk digunakan pada makanan. Atau bertuliskan food grade.

Mudah-mudahan dengan artikel ini, kebimbangan Anda memilih wajan penggorengan yang tepat untuk dapur Anda dapat terselesaikan.