Tips Persiapan UTUL UGM

Selain menjaring calon mahasiswa baru dari jalur seleksi SNMPTN dan SBMPTN, Universitas Gadjah Mada atau UGM juga memiliki seleksi jalur mandiri yang akrab dikenal dengan istilah ujian tulis atau UTUL UGM. Jika kamu sudah mencoba peruntungan di SNMPTN dan SBMPTN akan tetapi gagal, kamu bisa coba kesempatan untuk mengikuti UTUL UGM tersebut.

Kami akan menjelaskan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian tulis atau UTUL UGM tersebut. Dengan menerapkan beberapa tips persiapan ini, setidaknya kamu telah berusaha untuk dapat lolos seleksi utul tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mempersiapkan diri mengikuti UTUL UGM. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

Tahapan Seleksi UTUL UGM

UTUL UGM merupakan salah satu seleksi untuk menjaring calon mahasiswa baru di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Seperti yang sudah diketahui banyak orang, UGM merupakan salah satu kampus negeri yang terkenal dan menjadi kampus terbaik yang diimpikan oleh banyak orang. Karena itulah jumlah peminat yang ingin mendaftar di UGM setiap tahun selalu membludak dan tak pernah sepi pendaftar.

Ada berbagai macam jalur seleksi yang bisa ditempuh oleh calon mahasiswa baru untuk dapat masuk di kampus UGM. Tentu kamu sudah pada tahu beberapa jalur utama seperti seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri atau Snmptn dan juga seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau Sbmptn. Di antara kedua jalur nasional tersebut, khusus untuk universitas gadjah Mada memiliki jalur seleksi tersendiri yaitu UTUL UGM.

UTUL UGM sendiri merupakan jalur seleksi dengan sistem ujian tertulis. Dengan adanya UTUL UGM ini, maka akan memberi kesempatan bagi calon mahasiswa yang sebelumnya gagal lolos di seleksi Snmptn dan Sbmptn. Pada seleksi jalur UTUL UGM ini, masing-masing peserta yang mendaftar bisa memilih tiga jurusan atau program study baik untuk Sarjana Tingkat 1 maupun Diploma.

Adapun untuk materi yang akan diujikan dalam tes seleksi UTUL UGM ini terdiri atas tiga kategori yang antara lain adalah Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) dan Tes Kemampuan Soshum dan juga Tes Kemampuan Saintek. Tes Kemampuan Soshum atau Saintek bisa kamu pilih salah satu sesuai dengan keinginan mu. Semua ujian tersebut dilakukan dengan metode tertulis atau manual menggunakan kertas.

Kelompok atau kategori ujian dari tes seleksi masuk Universitas Gadjah Mada jalur Utul UGM ini terdiri atas tiga kategori utama yang antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Kelompok Ujian Sains dan Teknologi (Saintek) dengan materi ujian antara lain adalah  TKD Saintek dan TKPA
  2. Kelompok Ujian Sosial dan Humaniora (Soshum) dengan materi ujian antara lain adalah TKD Soshum dan TKPA
  3. Kelompok Ujian Campuran dengan materi ujian antara lain adalah TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum

Persiapan Menghadapi UTUL UGM

Setelah kamu mengetahui hal-hal dasar dari tes seleksi masuk Universitas Gadjah Mada dengan jalur seleksi UTUL UGM diatas, berikutnya akan kami berikan khusus kepada kamu beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menghadapi tes ujian UTUL UGM tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu gunakan dalam menghadapi tes seleksi masuk Universitas Gadjah Mada jalur UTUL UGM.

1. Peralatan

Hal pertama yang harus kamu persiapkan dalam menghadapi seleksi UTUL UGM adalah peralatan yang akan kamu gunakan dalam ujian tulis tersebut. Yang pertama adalah kamu harus membawa surat keterangan lulus atau ijazah lulusan sma sederajat. Juga kamu harus membawa peralatan tulis lengkap mulai dari pensil 2B, penghapus dan papan ujian. Ada baiknya peralatan tulis tersebut kamu bawa beberapa buah agar bisa menjadi cadangan jika hal yang tak diinginkan terjadi.

2. Latihan Soal

Tentu peralatan tulis tersebut tidak akan benar-benar membantu jika kamu tidak mempersiapkan pikiran kamu untuk menyelesaikan ragam soal yang diujikan dalam tes seleksi UTUL UGM tersebut. Jauh-jauh hari sebelum seleksi UTUL UGM berlangsung, kamu harus banyak belajar dengan mengerjakan latihan-latihan soal. Latihan soal yang kamu kerjakan juga harus kamu pahami. Pahami tipikal soal tersebut sehingga ketika kamu mengerjakan soal yang berbeda namun tipikal yang serupa, kamu tidak akan kewalahan.

3. Memilih Soal

Ada tips yang penting untuk kamu terapkan saat mengerjakan soal dalam seleksi jalur UTUL UGM ini. Ketika kamu sudah masuk di ruang ujian dan menghadapi tumpukan kertas soal tersebut, pilihlah soal-soal yang menurutmu mudah untuk dikerjakan terlebih dahulu. Karena ini akan sangat membantu dalam efektif waktu. Jika semua soal yang mudah telah kamu kerjakan, barulah kamu beralih ke soal-soal yang medium, kemudian terakhir kamu kerjakan soal yang dirasa paling sulit.

Saran terbaik dari kami, kalian harus mengikuti bimbel utul ugm. Karena dengan mengikuti bimbel proses belajar kalian bisa lebih terarah. Kalian akan mendapatkan berbagai soal-soal latihan yang umum diujikan saat tes UTUL UGM. Jadi proses belajar kalian lebih efektif dan efisien.

Nah itulah ulasan lengkap mengenai tes seleksi masuk kampus Universitas Gadjah Mada melalui jalur ujian tertulis atau UTUL UGM. Persiapkan dirimu dengan semaksimal mungkin dan terus belajar dalam mengasah kemampuan mengerjakan soal-soal yang akan diujikan dalam UTUL UGM tersebut. Sekian dan terima kasih.