Penyebab Motor Ngempos Saat Digas

 

 

Alat transportasi merupakan penunjang kebutuhan sehari-hari di masa kini yang memudahkan orang-orang untuk menempuh jarak yang jauh dalam waktu yang singkat. Salah satu moda transportasi yang sangat diminati di beberapa negara berkembang seperti Indonesia adalah kendaraan roda dua atau sepeda motor. Namun dibalik kemudahannya, tak jarang kita menemui berbagai permasalahan baik kecil ataupun yang lumayan parah yang sangat mengkhawatirkan pengguna nya. Salah satu nya, yaitu ketika motor ngempos atau kurang bertenaga ketika sedang digas.

Beberapa Penyebab Motor Ngempos Saat Digas

Bagi para pengguna sepeda motor yang kebetulan mengalami kondisi dimana motor nya ngempos atau kurang bertenaga saat digas, tentunya bertanya-tanya dan dibuat kebingungan mengenai penyebab motor menjadi susah digas dan tidak bertenaga. Selain meresahkan, tentunya hal tersebut juga membahayakan pengendara nya apabila terus memaksakan motor mereka yang dalam keadaan ngempos tersebut tanpa dicari penyebabnya dan ditangani sesegera mungkin. Berikut merupakan beberapa hal yang dapat menyebabkan motor ngempos saat digas.

 

  • Overheating

Overheating merupakan kondisi ketika mesin motor menjadi sangat panas karena tidak sempat mengalami pendinginan yang menyebabkan prison memuai, sehingga hal tersebut mempengaruhi kinerja sistem komponen-komponen lainnya yang menjadi tidak bisa berjalan dengan baik. Overheating ini merupakan salah satu penyebab motor menjadi ngempos saat digas, karena panas nya mesin membuat komponen lain tidak bisa bekerja dengan maksimal, sehingga motor menjadi ngempos atau kurang bertenaga ketika digas. Untuk mengatasi hal tersebut, anda diamkan terlebih dahulu motor anda beberapa saat agar mesin menjadi dingin. Jangan memaksakan mengendarai motor dalam kondisi overheating karena akan membuat mesin menjadi lebih rusak serta bisa membahayakan pengendara nya.

 

  • Filter Udara yang Kotor

Penyebab motor ngempos saat digas selanjutnya adalah kondisi filter udara yang kotor. Filter udara ini berfungsi sebagai penyaring debu dan kotoran yang masuk ke karburator atau ruang bakar. Sehingga, apabila debu dan kotoran menumpuk pada filter udara, menyebabkan sistem pembakaran tidak optimal dan dapat menyebabkan tenaga motor pun menjadi berkurang atau ngempos. Oleh karena itu, periksa filter udara, dan bersihkan secara berkala agar debu dan kotoran tidak menumpuk yang dapat menghambat sistem pembakaran pada motor anda.

 

  • Ring Piston yang Lemah

Ring piston merupakan salah satu komponen yang sangat penting, yaitu berfungsi untuk mencegah kebocoran kompresi dan oli masuk ke ruang bakar, selain itu juga berfungsi memindahkan panas dari piston menuju ke dinding silinder. Apabila piston melemah, maka akan ada kebocoran pada kompresi yang menyebabkan sistem lain tidak bisa bekerja dengan normal seperti biasanya. Akibatnya, motor pun menjadi kekurangan ternaga atau ngempos saat digas. Selain itu, kebocoran pun akan menyebabkan oli masuk ke ruang bakar, sehingga knalpot motor pun akan mengeluarkan asap putih dikarenakan oli yang masuk ke ruang bakar juga ikut terbakar bersamaan dengan bensin. Untuk mengatasi hal tersebut, anda tidak perlu panik, cukup bawa motor anda ke bengkel terdekat, sehingga piston yang lemah tersebut bisa segera diatasi.

Demikian itulah merupakan beberapa hal yang menjadi penyebab tidak bertenaga nya motor atau ngempos saat digas. Kerusakan pada komponen motor yang dapat menyebabkan motor tidak berjalan seperti semestinya memang membuat resah pengguna nya. Namun, anda tidak perlu panik karena hal tersebut dapat diatasi oleh petugas bengkel yang sudah ahli dalam bidang nya, atau anda juga bisa mengunjungi situs https://mamangbengkel.com/ untuk mendapatkan info lebih lanjut seputar dunia otomotif. Semoga artikel ini membantu.