Menyesuaikan Kebutuhan sebelum Menggunakan WiFi dan Cara Pasang WiFi

Sudah banyak orang yang ingin tersambung ke jaringan internet ketika mereka sedang di rumah. Mengandalkan paket data mungkin menjadi opsi terbaik hanya saja siap-siap keluar banyak biaya. Pilihan terbaik adalah pasang WiFi di rumah tetapi terkendala oleh informasi dan biaya. Belum jelas apakah memasang WiFi di rumah lebih murah atau mahal daripada paket internet.

Seringkali koneksi WiFi selalu menarik banyak orang untuk menggunakannya. Anda akan mendapat akses internet dengan kecepatan tinggi, biaya murah, dan bisa untuk segala keperluan. Anggapan biaya murah mungkin ada benarnya mengingat rata-rata penyedia WiFi mematok paket unlimited alias tanpa batas kuota. Selain itu, rata-rata jaringan WiFi lebih stabil tanpa terkendala oleh cuaca sehingga cocok bagi penggunaan sehari-hari.

Bagi pekerja lepas atau seorang freelance menggunakan WiFi sangat mendukung mengingat sebagian besar waktu dihabiskan di rumah. Nah, sebelum memutuskan membeli WiFi setidaknya anda harus tahu cara memasangnya, bagi di café, mall, rumah, maupun restoran. Pasalnya beberapa mekanisme pemasangan memiliki perbedaan berdasarkan lokasi atau tempat. Tidak perlu khawatir karena artikel kali ini akan membantu.

Sesuaikan Kebutuhan sebelum Memasang WiFi

pexels.com

Bisa menggunakan provider WiFi. Tentunya Anda sudah tahu kalau sekarang sudah banyak provider WiFi yang menjajakan produk unggulan dan sudah ada di semua kota. Semua provider WiFi memiliki spesifikasi berbeda-beda. Anda dapat memilih provider mana yang kiranya cocok untuk digunakan di samping masalah harga,paket kuota, dan keperluan lainnya.

Cara memilih provider WiFi bisa Anda tentukan dari beberapa hal serta kebutuhan. Anda bisa memerhatikan penjelasan berikut ini untuk membantu menentukan provider WiFi yang tepat.

  • Wilayah jangkauan. Poin pertama ini sangat penting karena tidak semua provider WiFi bisa menjangkau sampai ke tempat tinggal Anda. Ada beberapa provider yang hanya menyasar kota besar, sedangkan di pedesaan tidak ter-cover. Sebelum memilih provider sebaiknya tanyakan dulu apakah tempat tinggal Anda sudah masuk ke dalam wilayah jangkauan provider atau belum.
  • Kecepatan internet. Lagi-lagi Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan. Kecepatan akses internet berpengaruh terhadap harga bulanan. Misal Anda bekerja sebagai freelance content writer maupun desainer mungkin memilih paket internet yang sedang sudah cukup. Paling tidak jaringan internet selalu stabil agar mempermudah pekerjaan Anda. Percuma saja jika akses internet cepat tetapi sering bermasalah, seperti performa jaringan menurum akibat hujan atau kondisi lainnya.
  • Coba lihat berapa penghasilan Anda per bulan untuk menentukan provider dan layanan. Toh sekarang dengan harga Rp200.000-an Anda sudah mendapatkan provider WiFi yang lumayan bagus.
  • Ada beberapa provider WiFi yang memiliki serta menyediakan fitur tertentu bagi pelanggannya. Anda tanyakan atau bisa mencari tahu dengan bertanya ke pihak terkait. Sesuaikan dengan kebutuhan serta biaya, ya!

Cara Pasang WiFi di Rumah agar Hemat

pexels.com

Setelah memutuskan provider WiFi mana yang akan Anda pilih serta sudah membaca poin-poin di ats, berikut adalah tahapan memasangnya. Ada beberapa penjelasan yang harus diperhatikan agar proses pemasangan WiFi di rumah tidak terkendala.

  • Pertama, harus datang ke kantor cabang provider WiFi yang ada di sekitar rumah Anda.
  • Di kantor cabang Anda bisa menanyakan segala hal terkait paket, biaya, dan fitur dari provider WiFi.
  • Setelah setuju dan menentukan paket internet, Anda tinggal mengisi formulirnya.
  • Membayar biaya paket internet dan mungkin ada biaya pemasangan.
  • Jika sudah semuanya, Anda hanya perlu menunggu konfirmasi dan kunjungan teknisi provider WiFi datang ke rumah.

Biasanya teknisi akan survei terlebih dahulu ke lokasi tempat tinggal Anda. Mereka mencari tahu ketersediaan tiang telepon serta berapa banyak kabel yang dibutuhkan. Namun, kalau tetangga Anda sudah menggunakan provider WiFi yang sama maka saat surveri berlangsung langsung dilakukan pemasangan.

Selain cara di atas, Anda bisa mencoba membuat WiFi sendiri di rumah menggunakan laptop. Siapa sangka kalau laptop sudah bisa digunakan sebagai perangkat modem router untuk membagikan WiFi di rumah. Kalau Anda belum tahu, maka pembahasan kali ini akan membantu.

Pada dasarnya laptop memiliki komponen yang dapat menangkap jaringan WiFi. Nah, komponen di dalamnya bisa Anda gunakan untuk membuat WiFi atau hotspot pribadi. Peraturannya tidak bisa Anda temukan di sistem laptop. Oleh karena itu metode pembuatannya bisa menggunakan CMD. Panduannya bisa Anda simak di bawah ini.

  • Nyalakan laptop Anda.
  • Berikutnya, ketuk tombol laptop Windows + R
  • Anda hanya perlu mengetikkan perintah: netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=nama hotspot key=password. Sebagai contoh, netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=Rumah Saya key=12345660.
  • Klik tombol enter.
  • Berikutnya tinggal mengetikan netsh wlan start hostednetword.
  • Klik enter lagi dan sudah bisa Anda gunakan.

Ingat, untuk jangakauan WiFi ini berbeda-beda bergantung spesifikasi serta merek laptop. Namun, kalau WiFi di rumah saja kami rasa sudah cukup asal ukuran rumah tidak terlalu besar. Bagaimana, Anda sudah siap memasang WiFi agar pekerjaan serta hiburan berjalan lancar? Tinggal pilih cara mana yang kiranya lebih mudah dan efektif untuk Anda gunakan.

Sekian saja penjelasan kami, tetap setia bersama Leskompi, dan sampai bertemu di lain kesempatan. Terima kasih dan selamat mencoba!