Lebih Hemat Ruang, Berikut 6 Model Kitchen Set IKEA Minimalis

Dapur menjadi area yang sangat vital di hunian yang anda miliki. Selain berfungsi untuk memasak, dapur juga bisa digunakan kegiatan lainnya seperti, makan hingga menjamu tamu yang datang ke rumah. Lalu, bagaimana jika anda memiliki area dapur yang terbatas tetapi ingin memaksimalkan fungsi? Berikut beberapa desain kitchen set IKEA minimalis yang bisa jadi inspirasi.

Model Kitchen Set yang Bisa Disesuaikan Untuk Rumah Minimalis Anda 

  1. Model Paralel atau Double Line

Desain minimalis berbentuk paralel atau double line biasanya memiliki dua kabinet yang berseberangan. Model ini sangat cocok diterapkan jika anda mempunyai ruangan yang melorong. Misalnya memiliki pintu atau jendela di ujung lorong ruangan. Hal tersebut akan membuat area dapur terlihat lebih luas dan terkesan rapi.

Jika anda ingin mengadaptasi konsep perabot dapur dengan bentuk ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Salah satunya adalah dengan memastikan bahwa ruang gerak di antara dua kabinet harus sesuai dengan ukuran yang tepat. Jangan sampai terlalu kecil atau sempit karena akan mengganggu kegiatan keseharian anda jika ada di dapur nantinya.

Area terbatas pada dapur harus dicermati dengan baik. Sama seperti furnitur dapur dengan model satu deret atau single line. Anda bisa memanfaatkan area dinding dengan backsplash atau dinding kabinet yang ada sebagai tempat penyimpanan. Anda bisa meletakkan peralatan memasak, bahan masakan atau bumbu kering di penyimpanan dinding agar lebih mudah dijangkau.

  1. Model Minimalis Bentuk Huruf L

Desain dapur minimalis dengan menggunakan bentuk huruf L bisa memanfaatkan sudut ruang di hunian yang anda miliki. Model kitchen set IKEA tersebut menjadi solusi yang tepat jika anda tidak memiliki anggaran yang terlalu besar. Anda bisa menghemat pengeluaran anda sekaligus mendapatkan fungsi dapur yang maksimal.

Bagi anda yang menyukai aktivitas memasak yang membutuhkan proses panjang, maka desain yang satu ini akan sangat tepat. Dengan kitchen set minimalis berbentuk L akan memudahkan alur kegiatan karena memberikan ruang bebas ketika anda sedang melakukan aktivitas memasak.

Selain itu, desain dapur dengan bentuk L ini relatif lebih nyaman jika diaplikasikan pada ruang dapur yang berukuran terbatas. Model dapur seperti ini dapat menjadi tempat penyimpanan yang lumayan banyak. Anda bisa meletakkan kulkas bersebelahan dengan kabinet agar dekat dengan area makan dan mudah dijangkau.

  1. Model Kitchen Set bentuk U

Model berbentuk U biasa digunakan untuk dapur yang berbentuk persegi dengan luas yang cukup lebar. Perabot dapur dengan model seperti ini merupakan perpaduan antara bentuk huruf L dengan bentuk two lines. Dengan model U, anda bisa mendapatkan ruang gerak yang nyaman karena ukurannya cenderung lebih luas.

Area servis untuk menyiapkan berbagai kegiatan untuk menyiapkan bahan makanan akan lebih besar. Desain ini sangat cocok apabila anda mempunyai area dapur yang berukuran agak besar. Pasalnya, desain model U dapat mengakomodasikan area ruangan lebih untuk dijadikan tempat penyimpanan berbagai peralatan dapur.

Selain itu, akses untuk menjangkau peralatan dapur anda akan lebih mudah ketika proses memasak. Dengan begitu, anda akan menghadirkan tampilan dapur yang minimalis dan terlihat rapi. Sebab semua peralatan memasak, bahan makanan kering, dan perlengkapan dapur memiliki tempat penyimpanan yang tertutup di dalam lemari kabinet.

  1. Kitchen Set Minimalis Model Huruf G

Bagi anda yang memiliki area dapur yang cukup luas, coba gunakan model dapur dengan bentuk huruf G. Bentuk ini menyerupai model perabot dapur model U, tetapi ukurannya lebih besar. Jika memilih model kitchen set IKEA seperti ini, maka dapur akan lebih fungsional karena memiliki area servis yang lebih luas.

Anda juga dapat menyimpan berbagai peralatan memasak, bumbu dapur, bahan memasak yang lebih banyak daripada yang biasanya. Sehingga anda bisa dengan leluasa untuk melakukan berbagai kegiatan memasak yang membutuhkan waktu dan proses yang cukup panjang. Jika ingin tahu lebih detail tentang model G, anda bisa mengunjungi laman web gabdearq.com.

  1. Kitchen Set Minimalis Model Island

Desain yang satu ini merupakan pilihan tepat bagi anda yang memiliki hunian minimalis. Pasalnya model perabot dapur island ini bisa diletakkan di tengah ruangan. Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai aktivitas di dapur, seperti menyiapkan bahan, memasak, dan ditambahkan sebagai area makan.

Untuk membuat desain island, anda membutuhkan ukuran ruangan yang agak luas karena perlu tempat penyimpanan yang lebih. Namun, jika anda memiliki ruangan yang terbatas, jangan khawatir karena anda masih bisa mengaturnya. Sehingga anda bisa meletakkan berbagai peralatan makan, memasak dan yang lainnya.

Jika masih tidak bisa menyiasati penataan model island, anda bisa menambahkan tempat penyimpanan di area tembok. Letakkan di seberang kitchen island dengan menggunakan rak dinding model terbuka atau open shelves. Tempat tersebut bisa menjadi penyimpanan yang tepat untuk bahan seperti kopi, teh, mie, roti, bumbu dapur, gula, dan garam.

  1. Kitchen Set Model Huruf I atau Single Line

Apabila anda mempunyai desain rumah dengan area dapur yang sangat terbatas, kitchen set model single line atau straight bisa jadi pilihan yang tepat. Model ini sangat pas jika diaplikasikan di dalam hunian minimalis dengan ukuran kecil. Bahkan juga bisa diterapkan di apartemen dengan ukuran dapur sekitar 2,5 x 2,5 meter.

Bentuk kitchen set ini akan mengikuti panjang ruang dan akan sangat menghemat tempat. Selain itu, model straight juga sangat fleksibel jika diterapkan pada berbagai bentuk ruang. Agar fungsi dapur semakin optimal, anda bisa memilih untuk menempatkan model ini di sisi ruang yang lebih panjang.

Namun, ukuran ruang yang kecil akan membuat pergerakan di kitchen set IKEA ikut terbatas. Hal tersebut akan membatasi anda untuk menggunakan peralatan memasak yang cukup kompleks karena terbatasnya ruangan penyimpanan. Tetapi jika anda pintar menyiasatinya, anda bisa memanfaatkan area backsplash pada dinding untuk menggantung peralatan.

Itulah beberapa model perabot dapur yang bisa jadi inspirasi pada hunian minimalis. Ukuran area dapur yang tidak terlalu luas bukan menjadi halangan untuk menghadirkan tatanan furnitur yang sesuai dengan selera dan kebutuhan. Dengan penataan yang cermat, anda tetap akan mengoptimalkan fungsi dapur yang dimiliki.