Makanan Yang Dilarang Saat Keputihan

Keputihan memang bisa dialami oleh wanita, sebetulnya keputihan ini sendiri sangat wajar. Namun beberapa keputihan yang berlebih akan sangat menganggu aktivitas sehari-hari wanita. Artikel ini akan membahas mengenai makanan yang dilarang saat anda mengalami keputihan.

Keputihan biasnaya dialami saat anda hendak mentruasi atau malah setelah menstruasi. Keputihan seringkali dianggap mengganggu oleh sebagian besar wanita karena menyebabkan bau yang cukup menyengat dan membuat wanita menrasa tidak nyaman. Keputihan biasanya disebabkan oleh infeksi di bagian kewanitaan yang disebabkan oleh infeksi jamur Candida. Bila jamur ini tumbuh di bagian kewanitaan secara berlebih maka dapat menjadikan keluarnya cairan berwarna putih yang tidak normal, inilah yang biasa disebut sebagai keputihan.

Semua makanan yang masuk ketubuh manusia dapat berdampak bagi semua sistem yang berkerja ditubuh manusia, maka dari itu kita haruslah waspada saat mengkonsumsi makanan yang akan masuk ketubuh kita. Karena makanan itu akan sangat berpengaruh pada semua masalah tubuh yang sedang kita alami. Bagi anda yang sedang mengalami keputihan ada juga beberapa makanan yang harus dihindari dan makanan yang dianjutkan. Beberapa makanan yang harus dihindari karena dapat memperburuh kondisi keputihan, sedangkan beberapa makanan yang dianjurkan dapat meminimalisir keputihan.

Makanan yang dilarang saat keputihan

Distributor snack makanan ringan pada kali ini akan membahas mengenai beberapa jenis makanan yang perlu anda hindari saat sedang mengalami keputihan.

  1. Gula

Menurut penelitian gula merupakan senyawa yang dapat meningkatkan pertumbuhan tradisi atau jamur. Oleh karena itu asupan karbohidrat total per hari bagi wanita yang sedang mengalami keputihan harus lah dibatasi, ini karena bila anda terlalu sering mengkonsumsi gula pertumbuhan jamur Candida dapat meningkat secara pesat sehingga mengakibatkan keputihan semakin banyak.

Bagi Anda yang berkeinginan untuk menghindari gula saat mengalami keputihan Anda dapat melakukan diet asupan karbohidrat yakni membatasi untuk mengkonsumsi karbohidrat kurang dari 60 gram per hari tergantung tingkat usia kondisi kesehatan serta aktivitas yang Anda lakukan. Untuk hal ini anda bisa mengkonsultasikan kepada dokter kesehatan anda.

Sebagai ganti dari karbohidrat yang dikonsumsi lebih sedikit Anda bisa meningkatkan konsumsi lain seperti daging ayam kacang-kacangan dan sayuran non tepung. Kadar gula ini ternyata dapat didapatkan dari berbagai jenis makanan dan minuman olahan seperti soda, alkohol, jus yang mengandung tinggi gula, sehingga Anda juga disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan olahan tersebut.

  1. Makanna yang mengandung ragi

Makanan yang mengandung ragi akan mempercepat perkembangan jamur, ini karena fungsi utama ragi memang untuk mempercepat perkembangan jamur pada olahan, Namun ternyata makanan yang mengandung ragi juga berdampak pada ada jamur candida yang terdapat pada ada area kewanitaan. Sehingga bagi Anda yang sedang mengalami keputihan sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung ragi. Beberapa jenis makanan yang terbuat dari hasil fermentasi ragi adalah pasta-pastaan, jamur, minuman dari anggur, keju, beberapa jenis roti yang difermentasi menggunakan ragi, tempe, tape dan sebagainya.

  1. Buah yang sudah kering

Buah-buahan yang sudah mengering atau dikeringkan, ternyata memiliki kadar gula fruktosa yang sangat tinggi, seperti yang sudah kita ketahui bahwa gula sangat baik untuk perkembangan bakteri, sehingga bila anda sedang mengalami keputihan atau terdapat bakteri candida pada organ kewanitaan sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi gula. Maka dari itu sangat tidak dianjurkan pula untuk mengkonsumsi buah-buahan yang sudah dikeringkan an-naba biasanya buah-buahan ini dicampur dengan banyak sekali Jenis gula saat pengolahannya. Bila anda hendak mengkonsumsi buah untuk mengambil nutrisi dan manfaatnya Anda bisa memilih buah-buahan dengan kadar gula rendah. Buah-buahan dengan kadar gula rendah adalah buah yang memiliki ciri tidak terlalu manis saat Anda memakannya, buah ini seperti apel, jeruk, melon,  strawberry dan buah yang memiliki kandungan asam tinggi lainnya.

Selain beberapa makanan dengan kandungan gula dan ragi yang tinggi ada beberapa makanan yang perlu anda hindari juga karena dapat menyebabkan keputihan.

Makanan yang menyebabkan keputihan

Berikut ini beberapa makanan yang dapat menyebabkan keputihan, anda bisa menghindari makanan tersebut bila tidak ingin mengalami keputihan.

  1. Mentimun

Mentimun adalah jenis makanan yang cukup terkenal dapat menyebabkan keputihan, mentimun sebagai sayuran yang sering kita temui di berbagai jenis makanan ini dapat menyebabkan keputihan karena meningkatkan hormon estrogen pada wanita. Bila anda tidak ingin mengalami keputihan sebaiknya mengkonsumsi mentimun secukupnya saja, sehingga hormon estrogen pada tubuh anda dapat terkontrol, dan tidak diproduksi secara berlebihan.

  1. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang memiliki banyak sekali kandungan minyak tidak sehat di dalamnya. Menurut penelitian dari journal of Nutrition mengkonsumsi makanan yang digoreng dapat menjadi salah satu penyebab keputihan, ini karena kandungan lemak jahat yang terdapat dalam gorengan. Slime buruk untuk kesehatan kita ternyata gorengan juga tidak baik untuk keputihan sehingga bagi Anda yang sangat gemar mengkonsumsi gorengan kami sarankan untuk meminimalisir konsumsi gorengan agar kita bisa hidup sehat dan terbebas dari keputihan.

Demikian artikel tentang makanan yang harus dihindari saat anda sedang mengalami keputihan, smeoga artikel ini bermanfaat bagi anda.