Macam Motif Ekonomi

 

 

Motif ekonomi merupakan suatu dorongan, alasan, kegiatan yang dilakukan seseorang maupun badan dalam melakukan tindakan perekonomian. Pada setiap tindakan atau keinginan yang dilakukan manusia pada usahanya tentunya mempunyai tujuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Untuk itu usaha manusia dengan melakukan tindakan ekonomi tentunya tidak sama. Sebab itu motif dari ekonomi tersebut melatarbelakangi berbagai hal.

Macam Motif Ekonomi dan Contohnya

Ekonomi yang ada memang sangatlah beragam. Anda bisa mengetahuinya beberapa macam motif perekonomian beserta contohnya, diantaranya sebagai berikut:

  1. Motif Memenuhi Kebutuhan

Motif dalam memenuhi kebutuhan menjadi tindakan manusia yang didorongkan oleh adanya hasrat atau keinginan dalam memenuhi suatu kebutuhan. Dengan memenuhi suatu kebutuhan tersebut maka diri seseorang bisa mempertahankan diri dan kelangsungan hidupnya. Pada setiap orang tentunya mempunyai kebutuhan yang tidak sama, baik itu berupa barang maupun jasa yang wajib dipenuhi.

 

Pada biasanya kebutuhan tersebut mempunyai sifat yang tidak terbatas. Sebagai contoh yaitu seseorang akan bekerja keras supaya memperoleh uang dan uang tersebut digunakan dalam memenuhi kebutuhan hidup.

 

  1. Motif Memperoleh Laba

Motif yang kedua ini memberikan dorongan kepada manusia supaya melakukan tindakan perekonomian. Dalam memperoleh laba untuk latar belakang dari motif ini yaitu berupa harapan supaya memperoleh keuntungan dan menjadi dorongan yang timbul karena mempunyai tujuan agar mendapatkan tambahan manfaat. Contohnya saja pedagang buah yang menjual buah dengan kualitas bagus dan harga murah supaya banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

 

  1. Motif  Memperoleh Kekuasaan Ekonomi

Memperoleh kekuasaan ekonomi menjadi keinginan manusia yang telah mencapai kemakmuran. Akan tetapi melakukan tindakan perekonomian akibat dorongan supaya memperoleh kekuasaan pada berbagai kegiatan usaha perekonomian.

 

  1. Motif Mendapatkan Penghargaan

Tindakan manusia supaya memperoleh penghargaan yaitu berupa motif mendapatkan penghargaan karena hal ini mampu memberikan kepuasan tersendiri untuk pelaku kegiatan ekonomi. Untuk kegiatan yang dimaksud tersebut bukan hanya mendapatkan pujian maupun piagam saja. Akan tetapi juga berupa status sosial yang lebih tinggi dibanding masyarakat lain.

 

Motif ekonomi memang mampu mendorong diri seseorang supaya melakukan tindakan ekonomi sesuai yang diinginkan. Mengingat bahwa manusia menjadi makhluk ekonomi dan makhluk sosial, maka memperhatikan kepentingan sendiri perlu dilakukan. Namun juga tidak lupa untuk memperhatikan kepentingan orang lain yang ada disekitarnya. Sebab itu untuk setiap motif perekonomian mempunyai tujuan yang tidak sama.