Kebun Semangka

Anda penggemar semangka dan ingin memiliki kebun semangka di rumah? Tentu saja bisa. Cara tumbuh semangka yang merambat serupa timum membuat tanaman ini bisa ditanam meski di lahan yang tidak besar sekalipun. Meski begitu, lahan tanam yang akan dijadikan kebun harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin agar menghasilkan buah yang berkualitas.

Selain mempersiapkan lahan kebun, siapkan pula polybag untuk menanam bibitnya. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda pada tahap penyemaian. Jadi, sebelum ditanam pada media tanah, bibit harus ditanam di polybag hingga masa pemindahan bibit ke lahan kebun semangka. Berikut ini kami akan menginformasikan langkah-langkah persiapan lahan untuk penanaman bibit semangka.

  • Buatlah lubang pada media tanam atau lahan pada kebun yang sudah dipersiapkan dengan kedalaman 8 – 10 cm. ini bertujuan untuk menyempurnakan proses pertumbuhan tanaman semangka.
  • Sebelum melakukan penyemaian, baiknya tanah disiram terlebih dahulu agar tanah siap untuk ditanami bibit.
  • Kemudian rendam bibit dengan larutan perangsang pertumbuhan. Tujuannya agar bibit tumbuh dengan baik dan membuat tanaman semangka menjadi kuat, serta tidak mudah terserang hama dan penyakit. Proses perendaman harus dilakukan selama 5 – 10 menit.
  • Langkah berikutnya adalah memisahkan bibit dari polybag ke lahan pada saat usia bibit telah mencapai 4 minggu. Pemindahan bibit dari polybag ke lahan kebun harus dilakukan secara hati-hati agar akar tanaman semangka tidak rusak.

Setelah persiapan lahan kebun lancar diakukan, maka selanjutnya Anda tinggal melakukan penyemaian bibit. Hal ini perlu dilakukan agar tanaman semangka berhasil tumbuh subur dan memiliki buah dengan kualitas baik. Caranya dengan menyediakan tanah dan pipik kandang sesuai dengan jumlah tanaman yang akan ditanam.

Kemdudian periksa tanah, apakah terdapat kotoran atau hama tanah. Jika ada, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sampai aman. Jika tidak ada, Anda bisa langsung mencampurkan tanah dan pupuk hingga tercampur rata. Lalu, siram tanaman agar tanah tidak kering dan tetap terjaga kelembabannya. Selanjutnya, Anda hanya perlu menunggu sampai tanaman semangka tumbuh.