Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Simak 7 Jenis Tanaman Hias Untuk Mengatasi Gangguan Insomnia

Beberapa jenis tanaman dapat menghasilkan oksigen yang sangat baik. Oksigen yang baik dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur atau insomnia. Menurut para ahli, keberadaan tanaman di dalam ruang tidur dapat tingkatkan kualitas tidur. Dengan adanya tanaman di kamar tidur, otak akan terstimulus terhadap kenyamanan yang diberikan tanaman tersebut. untuk membantu meningkatkan kualitas tidur, berikut jenis tanaman hias untuk insomnia.

Beberapa Jenis Tanaman Hias Untuk Membantu Mengatasi Gangguan Tidur

Pixabay.com
  1. Chamomile

Chamomile merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki warna bunga cantik. Bunga ini seringkali digunakan sebagai bahan dasar pembuatan teh untuk menenangkan pikiran. Selain dapat mengatasi insomnia, bunga chamomile juga dapat mengatasi cemas, depresi, dan gelisah. Tak hanya itu, chamomile juga dapat digunakan untuk obati sakit perut dan radang usus. Untuk mengatasi gangguan sulit tidur, anda bisa meminum air rebusan chamomile sebelum tidur.

  1. Aglonema

Aglonema merupakan tanaman yang tidak tahan terhadap musim dingin yang ekstrim. Tanaman hias yang satu ini dapat mengatasi masalah gangguan tidur. Hal ini dikarenakan, Aglonema dapat memancarkan oksigen berkualitas dan dalam jumlah yang tinggi sehingga dapat membantu anda tidur dengan nyaman. Untuk mengatasi insomnia, anda bisa meletakkan tanaman hias untuk insomnia di ruang tidur.

Untuk perawatannya anda tidak perlu khawatir. Tanaman ini bisa tahan di dalam ruangan tanpa sinar matahari sekalipun. Aglonema juga dipercaya dapat menyerap racun dalam ruangan sehingga dapat menjadikan udara dalam rumah lebih sehat. Hal ini tentunya juga akan membuat tidur anda lebih berkualitas. Cara perawatannya pun juga mudah, anda cukup menyiramnya secara teratur tanpa harus memberikan sinar matahari setiap hari.

  1. Lavender

Lavender merupakan tanaman yang dikenal memiliki aroma yang menenangkan. Jenis tanaman hias yang satu ini juga dapat digunakan sebagai obat anti cemas. Siapapun yang menghirup tanaman ini akan merasa tenang dan menghilangkan kecemasan mereka. Para ahli memaparkan, bahwa tidur dengan mencium aroma lavender dapat meningkatkan kualitas beristirahat menjadi lebih baik.

Sebagaimana diberitakan oleh portal berita Fokus Jabar, lavendar dapat diletakkan pada ruangan dalam rumah karena jenis tanaman hias untuk insomnia ini dapat bertahan di dalam ruangan tertutup sekalipun. Aroma dari bunga lavender bisa menimbulkan perasaan tenang serta relaksasi yang dapat membuat anda lebih cepat tertidur. Setelah bangun dari tidur, aroma lavender juga akan memacu tingkat konsentrasi anda di pagi hari.

  1. Sansevieria Trifasciata ( Lidah Mertua)

Lidah mertua dapat meningkatkan kepadatan oksigen dalam ruangan sehingga bisa membuat anda menjadi lebih nyaman. Letakkan tanaman ini di kamar tidur anda, maka kualitas tidur anda akan meningkat dengan baik.  Jenis tanaman hias ini dapat meningkatkan pasokan oksigen yang tinggi di malam hari, sehingga dapat membantu anda lebih tenang, rileks, dan bisa tertidur dengan cepat.

Tanaman hias ini memang tidak memiliki aroma khusus yang dapat menenangkan pikiran. Namun, dengan kemampuannya menghasilkan udara yang bersih dan segar, akan menstimulus otak. Jenis tanaman hias untuk insomnia yang satu ini akan menciptakan rasa tenang dan nyaman. Berbeda dengan tanaman lainnya yang menghasilkan oksigen pada siang hari, lidah mertua justru menghasilkan oksigen terbaiknya di malam hari.

  1. Peace Lily

Lily merupakan salah satu jenis tanaman hias yang memiliki visual cantik serta elegan. Menurut penelitian, lily memiliki kemampuan mereduksi kandungan di dalam komponen pencemar udara yang bernaman benzene. Kemampuan ini dapat menghasilkan udara yang bersih dan segar di sepanjang waktu. Apabila ruangan anda mendapatkan udara yang bersih secara maksimal, kualitas tidur anda akan semakin meningkat dengan baik.

Perawatan bunga lily termasuk sangat mudah. Ia hanya membutuhkan sedikit cahaya untuk perkembangannya. Selain itu, ia mampu bertahan hidup di tempat teduh dan lembap, bahkan tertutup sekalipun. Cukup pastikan kebutuhan air dan sinar matahari terpenuhi dengan cepat. Siram setiap minggu dan letakkan jenis tanaman hias untuk insomnia ini di bawah sinar matahari selama kurang lebih 30 menit.

  1. Aloe Vera ( Lidah Buaya)

Lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah mengatasi insomnia. Penelitian mengemukakan bahwa Aloe Vera memiliki kemampuan untuk membersihkan udara dari bahan kimia berbahaya. Tanaman ini mampu memproduksi oksigen terbaiknya pada malam hari dengan mengikat racun yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Letakkan lidah buaya di ruang tidur anda kemudian anda dapat beristirahat lebih nyaman. Selain dapat diletakkan di kamar tidur, anda bisa membuat makanan yang terbuat dari daging lidah buaya. Lidah buaya memiliki kandungan anti detox yang dapat membantu proses detoxsifikasi dalam tubuh, sehingga tubuh anda akan terasa lebih segar dan bisa beristirahat dengan tenang melalui bantuan tanaman hias untuk insomnia tersebut.

  1. Bunga Melati

Pixabay.com

Memiliki aroma yang lembut, jenis tanaman ini dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sekaligus dapat mengatasi rasa cemas. Anda bisa meletakkan segenggam bunga melati di tempat tidur anda untuk mendapatkan aroma yang menenangkan secara maksimal. Meskipun sebagian orang menganggap aroma melati berkaitan dengan hal yang bersifat mistis, namun nyatanya bunga ini cocok untuk insomnia dikarenakan aromanya yang lembut wangi menenangkan.

Anda juga bisa meletakkan bunga melati utuh beserta pot nya di kamar tidur. Dengan cara ini, waktu beristirahat anda akan semakin berkualitas dan terjamin. Untuk perawatannya pun cukup mudah, anda hanya perlu menyiraminya secara teratur dan berikan sinar matahari secara bertahap agar bunga melati tidak menjadi kering. Anda juga bisa menggunakan minyak melati sebagai alternatif jika tidak ingin menaruh jenis tanaman hias untuk insomnia ini di kamar.

Tanaman hias di dalam tempat tidur tidak hanya tampak indah, namun juga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Contohnya bunga lavender. Bunga yang memiliki aroma lembut ini bisa menenangkan pikiran dan membuat tubuh rileks. Perlu anda ketahui, terdapat banyak macam jenis tanaman hias lain yang bisa anda gunakan. Anda bisa pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan. Apabila anda menginginkan informasi lebih dalam mengenai tanaman hias, anda bisa mengunjungi fokusjabar.id.