Jangan Panik, Bayi Berwarna Kuning Belum Tentu Terkena Hepatitis

Gejala hepatitis pada bayi seringkali tidak nampak jelas. Namun, banyak orang mengira bayi berwarna kuning dicurigai terkena hepatitis. Apalagi, saat bayi baru lahir. Lalu, apa yang menyebabkan bayi baru lahir berwarna kuning?

Penyakit hepatitis memang bisa menyerang bayi. Terutama virus hepatitis A. Gejala yang muncul juga beragam. Salah satunya ditandai dengan kulit dan mata bayi yang berwarna kuning.

Namun, faktanya tidak semua bayi yang berwarna kuning mengidap hepatitis A. Karena bayi yang berwarna kuning saat lahir mengalami jaundice. Yang mana disebabkan meningkatnya kandungan bilirubin dalam darah.

Bilirubin merupakan produk pemecahan sel darah merah yang dibawa darah ke organ hati. Namun, karena organ hati bayi baru lahir belum sempurna, menyebabkan bilirubin menumpuk dalam darahnya. Lalu, membuat bayi berwarna kuning.

Dan seiring perkembangan organ hati bayi, warna kuning akan hilang. Terlebih lagi bayi sudah minum ASI. Jadi,  bilirubin bisa dikeluarkan melalui feses atau tinja.

Itulah ulasan tentang bayi yang berwarna kuning belum tentu mengalami gejala hepatitis pada bayi. Jadi, jangan panik berlebihan. Dan tetap awasi tumbuh kembang bayi Anda.