Gapura Pramuka

Dalam kegiatan kepramukaan pastinya kita akan diminita untuk membuat gapura pramuka, tentunya hal tersebut membuat kita bingung karena tidak tahu cara membuatnya.

 

Artikel:

Ketahuilah bahwa membuat gapura pramuka tak jauh berbeda dengan pembelajaran pionering atau tali temali yang kita dapat saat sekolah. Jadi, sebelum membuat gapura maa pastikan terlebih dahulu kita bisa membuat berbagai jenis tali temali ya. Biasanya gapura ini digunakan di depan tenda perkemahan yang bentunya binta segilima yang menyerupai separonya dilengkapi dengan pagar di bagian sisi kanan dan kirinya.

 

Tentunya, untuk membuat gapura maka kita harus menggunakan bambu dengan ukuran tertentu yang digunakan dari tongkat pramuka secara keseluruhan. Bahkan, untuk membuat gapura sisi kanan dan kirinya disarankan menggunakan tongkat pramuka ukuran 160 cm.

 

Alat dan Bahan Membuat Gapura Pramuka

Sebelum membuat gapura pramuka maka kalian harus menyiapkan alat dan bahannya terlebih dahulu yaitu:

2 batang bambu ukuran 2 meter

3 tongkat pramuka ukuran 160 cm

2 batang bambu 4 meter

1 bambu ukuran 3 meter

(Jika menggunakan tongkat pramuka secara keseluruhan maka siapkan 17 tongkat.

 

Cara Membuat Gapura Pramuka

Setelah alat dan bahan gapura pramuka sudah disiapkan maka kamu bisa melanjutkan cara membuatnya di bawah ini:

  1. Sambung Tongkat

Dua tongkat pramuka disambung dengan 2 tongkat pramuka (ukuran 2 meter). Lalu, sambung dua tongkat pramuka ukuran 3 meter kemudian sambung tiga tongkat pramuka yang berukuran 4 meter.

 

  1. Buatlah Gapura Pionering Setengah Bintang

Untuk membuat gapura pionering setengah bitang maka kalian cukup merakitnya menggunakan tali pramuka. Caranya ikatan dan simpul yang digunakan yaitu simpul mati untuk menyambungkan tali, pangkal, ikatan palang, dan ikatan silang.

 

  1. Buat Pagar Gapura

Langkah berikutnya, kalian bisa membuat pagar di sisi kiri dan kana gapura yang terdir dari empat set tongkat. Tentunya, kapling tenda harus disediakan untuk kontingan dengan lebar 12 meter sehingga  ukuran pagarnya menyesuaikan kapling yang disediakan.

 

Membuat pagar gapura tentunya melalui berbagai jenis ikatan tali yang kuat sesuai dengan yang kalian terima dalam pembelajaran pionering.

 

Demikianlah penjelasan mengenai cara membuat gapura pramuka yang cukup mudah untuk dipraktekan saat kegiatan perkemahan.