Efek Samping Buah Sukun

Menikmati dengan cara digoreng, menjadi salah satu cara enak dan mudah mengkonsumsi buah sukun. Walaupun ada beberapa cara mengolah buah sukun, tetapi dengan digoreng saja sudah bisa membuat kita lupa untuk berhenti mengunyah.

Walaupun buah sukun mempunyai rasa gurih, tetapi jika dikonsumsi yang berlebihan akan menimbulkan efek samping yang mungkin membuat kita merasa tidak nyaman.  Berikut adalah beberapa efek samping konsumsi buah sukun :

Menimbulkan kondisi sariawan

Menikmati buah sukun dengan cara dikukus, dan tidak diimbangi dengan minum air putih akan menimbulkan efek sariawan. Terlebih apabila sukun dikukus setengah matang dan terlihat masih ada getahnya.

Sembelit

Menikmati buah sukun dengan cara digoreng memang banyak dilakukan oleh hampir semua orang. Apalagi dengan digoreng merupakan cara yang mudah dilakukan dan praktis. Tetapi tahukah kamu jika mengkonsumsi sukun dengan cara digoreng dan berlebihan akan menimbulkan gangguan pencernaan di perut. Perut akan terasa penuh dan bergas. Yang akhirnya akan menimbulkan sembelit.

Menekan Rasa Lapar

Bagi seseorang yang sedang menjalani program diet mungkin mengkonsumsi sukun baik bagi mereka. Karena mengandung karbohidrat yang tinggi tetapi mempunyai kalori yang rendah. Jadi makan sukun bisa membuat mereka kenyang,tetapi tidak membuat berat badan bertambah.

Sayangnya, itu berbeda jika seseorang mempunyai berat badan dibawah normal. Mengkonsumsi buah sukun malah akan membuat berat badan tidak menjadi gemuk.

Iritasi kulit

Dalam kondisi mentah, buah sukun memiliki banyak getah. Getah ini bisa menimbulkan gatal-gatal pada kulit terutama bagi mereka yang mempunyai kulit sensitif. Sebaiknya anak-anak juga dijauhkan saat akan mencuci buah sukun, karena akan menyebabkan iritasi pada kulit jika terkena getahnya. Sebaiknya cucilah sukun menggunakan sarung tangan.

Radang Lambung

Hati-hati jika mengkonsumsi buah sukun secara berlebihan, karena ini akan menimbulkan peradangan pada lambung serta usus. Apabila lambung mengalami peradangan maka sistem pencernaan pun akan terganggu.

Itulah beberapa efek samping dari mengkonsumsi buah sukun berlebih. Agar terhindar dari efek samping tersebut maka perlu diperhatikan cara pengolahannya dan sebaiknya tidak berlebihan dalam mengkonsumsinya.