Daftar Jurusan UGM yang Paling Diminati Dibidang Soshum dan Saintek

 

 

Melanjutkan jenjang pendidikan di universitas negeri terkemuka adalah impian setiap orang, tak terkecuali siswa-siswa kelas dua belas yang sudah harus memikirkan kemana mereka harus melanjutkan. Universitas negeri favorit seperti UI, ITB dan UGM merupakan deretan universitas yang pertama terlintas dikepala ketika sedang membayangkan ingin melanjutkan ke perguruan tinggi mana. Hal ini karena ketiga universitas tersebut merupakan universitas selalu menempati peringkat atas deretas universitas terbaik di Indonesia serta melahirkan tokoh-tokoh berpengaruh. Satu dari tiga universitas terkemuka tersebut yang terbilang paling banyak diminati adalah Universitas Gaja Mada atau yang disingkat dengan UGM.

Universitas Gaja Mada terletak merupakan universitas negeri dengan segudang prestasi dan merupakan tempat Pak Jokowidodo dahulu berkuliah. Universitas yang terletak di Yogyakarta yang memiliki 18 fakultas dan 265 program studi pilihan. Jalur penerimaan mahasiswa baru di universitas ini ada tiga cara yaitu melalui SNMPTN, SBMPTN dan Utul atau ujian tulis secara mandiri. Adapun jurusan-jurusan baik saintek maupun soshum yang paling banyak peminatnya akan diajabarkan dibawah ini.

Jurusan UGM yang Paling Diminati Dibidang Saintek

  • Ilmu Kedokteran

Jurusan yang paling banyak diminati di UGM pada bidang saintek adalah ilmu kedokteran. Fakultas kedokteran UGM merupakan salah satu fakultas kedokteran yang menyandang predikat tertua di Indonesia. FK UGM berdiri pada tanggal 5 Maret 1946. Jurusan terfavorit ini memilki tiga jurusan pada jenjang S1 di fakultasnya yaitu Pendidikan Dokter, Keperawatan dan Gizi Kesehatan. Untuk jenjang S2nya memiliki enam program studi, 20 spesialis, 1 program S3, 32 departemen serta 9 pusat studi. Selain fakultas kedokteran umum UGM juga memilki fakultas kedokteran lainya seperti fakultas kedokteran gigi dan fakultas kedokteran hewan.

 

  • Farmasi

Berikutnya fakultas farmasi juga merupakan jurusan terfavorit di bidang saintek UGM. Fakultas ini didirikan pada tahun yang sama dengan fakultas kedokteran yaitu pada tahun 1946 dan juga mendapatkan predikan fakultas farmasi dengan umur tertua di Indonesia sama hal nya seperti fakultas kedokteran. Fakultas ini menyediakan daya tampung sebanyak 108 bangku pada tahun ajaran 2019/2020. Terdapat empat peminatan difakultas ini yaitu Farmasi Sains dan Teknologi, Farmasi Industri, Farmasi Bahan Alam, dan Farmasi Komunitas dan Klinik. Fakultas ini sudah mendapatkan akreditasi A. Mereka juga menyediakan studi untuk jenjang yang lebih tinggi yaitu profesi Apoteker, pasca sarjana S2 Farmasi Klinik dan S3 Ilmu Farmasi.

 

  • Teknik Sipil

Teknik sipil menjadi jurusan terfavorit dibidang saintek UGM yang mendapat urutan ke tiga. Didirikan pada tahun 1946, program studi ini menjadi salah satu program studi tertua di UGM.  Teknik sipil merupakan program studi yang banyak terjun ke lapangan dari pada di kelas. Ini sangat cocok bagi Anda yang tidak terlalu senang melulu belajar mengenai teori saja dikelas. Di prodi ini Anda akan banyak dihadapkan dengan hitung-hitungan seperti kimia, fisika dan matematika.

 

  • Teknik informasi

Sejara jurusan teknik informasi di UGM lahir dari bagian teknik elektro. Terdapat tiga konsentrasi yang harus dipilih salah satunya oleh mahasiswa teknik informasi yaitu rekayasa sistem informasi, rekayasa perangkat lunak dan rekayasa sistem komputer. Dijurusan ini Anda akan sangat akrab dengan hitung-hitungan seperti matematika, statistika, algoritma dan masih banyak lagi.

 

  • Kehutanan

Jurusan terfavorit terakhir yaitu kehutanan. Jurusan yang satu ini memperdalam tentang ilmu tanah dan ilmu hutan. Mata kuliah biologi merupakan mata kuliah yang harus Anda ikuti jika memilih jurusan ini. Pada jurusan ini lebih mengedepankan mata kuliah yang bersifat praktek dari pada teori, seperti halnya praktikum fitogeologi, paktikum ilmu tanah dan masih banyak lagi.

Jurusan UGM yang Paling Diminati Dibidang Soshum

  • Ilmu Hukum

Jurusan di bidang soshum satu ini memilki peminat paling banyak, hal ini dapat dilihat pada tahun 2019 peminat jurusan ini mencapai 4000 orang dengan daya tampungnya hanya mencapai 149 bangku saja. Didirikan pada taggal 17 Februari 1946. Dijurusan ini selain memelajari tentang hukum perundang-undangan di jurusan ini juga mempelajari agaimana cara menerapkannya pada sebuah kasus. Prospek kerjanya tentu saja tidak jauh-jauh dari dunia kum seperti notaris, hakim jaksa dan sebagainya.

 

  • Psikolog

Jurusan yang satu ini menjadi favorit hampir di semua universitas. Terhitung pada pada tahun 2019 jurusan ini diminati sebanyak 3000 orang untuk memperebutkan 102 kursi yang disediakan di UGM. Hal-hal yan dipelajari dipsikolag diantaranya psikologi budaya, psikologi gender dan masih banyak lagi. Prospek kerja dpsikologi tidak melulu menjadi psikolog saja namun bisa juga menjadi guru BK, konselor dan masih banyak lagi.

 

  • Manajemen dan akuntansi

Jurusan terfavorit di bidang soshum berikutnya adalah manajemen dan akuntansi. Jurusan ini termasuk kedalam program studi Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang sudah berdiri sejak tahun 1955. Prospek kerja jurusan akuntansi sendiri diantaranya akuntan, auditor, analis keuanga, konsultan pajak, akuntan pemerintah dan masih banyak lagi. Untuk jurusan managemen prospek kerjanya seperti konsultan bisnis, konsultan perbankan, manajer pemasaran, manajer SDM dan masih banyak lagi,