Contoh Soal Present Perfect Tense Beserta Pembahasan

Present perfect tense merupakan salah satu tenses dalam Bahasa Inggris yang menggambarkan aksi tertentu yang dilakukan oleh subjek di masa kini. Aksi tersebut artinya sudah dimulai di masa lalu. Present perfect tense adalah bentuk waktu gabungan dari keadaan di masa lampau dan masa kini. Tenses ini digunakan untuk surat menyurat, berita di surat kabar, radio, televisi bahkan dialog sehari – hari.

Present Perfect Tense

pexels.com
  1. Rumus Atau Pola Kalimat

Kalimat Positif : S + have/has + past participle (verb 3)

Kalimat Negatif : S + have/has + not + past participle (verb 3)

Kalimat Interogatif : have/has + S + past participle (verb 3)

Dalam penggunaannya, present perfect mempunyai banyak frasa berupa keterangan waktu untuk menjelaskan kegiatan atau situasi di masa lalu namun masih tetap berkaitan dengan masa kini. Frasa – frasa tersebut seperti : just (baru saja), for (selama), since (sejak), lately/recently (akhir – akhir ini), this morning (pagi ini), since (sejak), dan masih banyak lagi.

  1. Contoh Kalimat Present Perfect Tense

(+) Rickjaksan has just given up his scholarship.

(-) Rickjaksan has not given up his scholarship

(?) Has Rickjaksan just given up his scholarship ?

  1. Contoh Soal Present Perfect Tense Beserta Pembahasannya
  2. ….. a noise just then?
  3. Have you heard ? b. Do you hear? c. Did you hear?      d. Have you been hearing?
pexels.com

Jawaban : A

Pembahasan :

Kalimat lengkap dari soal ini yaitu “Have you heard a noise just then?” Jawaban (c) salah karena ‘did’ berarti peristiwa yang sudah terjadi kemarin dan tidak terjadi di masa kini. Sedangkan pilihan jawaban “do you hear” berarti pertanyaan ini mengacu pada kejadian yang berulang – ulang. Padahal, di soal terdapat kata ‘just’ yang berarti ‘baru saja’ sehingga jawaban ini salah.

Untuk jawaban ‘have you been hearing’ juga tidak tepat karena mempunyai arti ‘apakah kamu sedang mendengarkan musik sampai sekarang dan belum usai sampai sekarang dan di waktu mendatang ?”. Penggunaan simple perfect tense yaitu untuk aksi atau kegiatan yang baru saja selesai dilakukan dan tidak terjadi seterusnya. Sehingga jawaban yang tepat adalah A.

  1. They are dancing and singing because their uncle . . .
  2. is arriving b. has arrived                       c. arrives                    d. Arrived

Jawaban : B

Pembahasan :

Arti dari kalimat ini yaitu mereka sedang menari dan bernyanyi karena paman mereka sudah datang. Mengapa jawabannya tidak (c) atau (d)? Alasannya karena penjelasan pada nomor 1. Jawaban (c) yaitu ‘arrives’ berarti menyatakan suatu kejadian yang terjadi berulang – ulang. Sedangkan jawaban (d) ditujukan untuk kejadian yang terjadi di masa lampau.

  1. The children have……eaten their breakfast.
  2. yet      b. been      c. since                       d. just

Jawaban: D

Pembahasan :

Kalimat yang tepat dari soal tersebut adalah “The children have just eaten their breakfast. Artinya yaitu  “Anak-anak baru saja sudah makan pagi”. Apabila jawaban (b) yang dipilih maka kalimatnya akan menjadi “The children have been eating bukan have been eaten.

Sedangkan jawaban (a) ‘since’ hanya berupa keterangan waktu, padahal disini masih membutuhkan kata kerja. Misalnya, I have lived in Jogja since 2000. Jawaban (c) ‘yet’ juga kurang tepat karena digunakan di kalimat negatif dan kalimat tanya dan biasanya digunakan di akhir kalimat. ‘Yet’ artinya belum sampai saat ini. Sehingga, jawaban yang tepat adalah D (just)

  1. Mr. Efendi…. in Bali for a week.
  2. has    b. having      c. been                       d. has been

Jawaban: D

Pembahasan :

Kalimat dari soal tersebut yaitu : “Mr. Efendi has been in Bali for a week”. Artinya,  Bapak Efendi sudah di Bali selama 1 minggu. Jawaban (a) kurang tepat karena sebelum ‘been’ digunakan maka harus ada kata kerja bantu berupa ‘have/has’. Sedangkan jawaban (b) menggunakan kata ‘having’ yang juga belum tepat digunakan sebagai jawaban karena kurang ‘to be’.

Jawaban (c) juga kurang tepat karena hanya ada kata ‘has’ dimana berfungsi sebagai kata bantu. Untuk jawaban yang lebih tepat, maka dibutuhkan kata kerja bantu (auxiliary verb) dan past participle. Kalimat tersebut bisa menjadi ‘He has cleaned the shoes’ artinya ‘Dia telah membersihkan sepatu’. ‘cleaned’ adalah kata kerja dan ‘has’ sebagai kata kerja bantu.