Cara Mengatasi Bayi Kembung dan Muntah Muntah

Setelah berjuang dalam melahirkan dengan mempertaruhkan nyawa dan menahan rasa sakit, maka masih banyak tanggung jawab seiring perkembangan dan tumbuh bayi. Tentunya setiap orang tua harus memperhatikan pertumbuhan fisik dan mental karena bayi masih dalam kondisi lemah dan rentan serta masih dalam menyempurnakan kondisi fisiknya.

Sebagai orang tua, orang tua sangat berperan penting dalam memastikan kebutuhan nutrisi dalam tubuh bayi terpenuhi. Selain itu dengan memperhatikan kesehatan karena dengan kondisi imun yang belum sempurna membuat bayi mudah mengalami penurunan kesehatan. Salah satunya bayi mengalami kembung dan muntah-muntah.

Bayi mengalami kembung dan muntah ini disebabkan oleh gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh ibu yang sedang menyusui sering mengkonsumsi makanan yang bisa membentuk gas di dalam tubuh. Bayi diberikan konsumsi  produk kemasan, hal ini akan menyebabkan gas. Selain itu disebabkan oleh penggunaan dot bayi yang kurang tepat.

Cara Tepat Mengatasi Bayi Kembung dan Muntah Muntah

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai Cara Mengatasi Bayi Kembung dan Muntah Muntah. Selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini :

  1. Pastikan ibu menyusui dengan benar.

Penyebab bayi mengalami muntah atau kembung adalah cara ibu dalam menyusui bayinya kurang tepat. Pastikan anda menyusui dalam posisi yang tepat dan pastikan juga kalau bayi bisa bersendawa setelah menyusui. Kemudian pastikan anda menyusui sebelum bayi merasa lapar. Hal ini bertujuan agar bayi tidak mengalami dehidrasi.

  1. Memperhatikan makanan yang akan dikonsumsi bayi

Kalau bayi anda sudah bisa mengkonsumsi makanan selain susu maka pastikan anda tidak memberikan makanan yang mampu memunculkan gas dalam tubuh. Hal ini bertujuan agar bayi anda tidak mengalami kembung dan muntah-muntah.

  1. Melakukan pemijatan

Agar bisa meredakan kembung pada bayi anda bisa melakukan pemijatan secara lembut pada bagian perutnya. Pastikan anda memijat dengan arah yang benar dan gerakan yang halus. Selain itu anda bisa melakukan gerakan kaki bayi seperti orang yang mengayuh sepeda.

  1. Konsultasi ke dokter

Apabila kembung dan muntah-muntah yang dialami oleh si kecil belum juga sembuh maka anda bisa berkunjung ke dokter. Pastikan anda memilih untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis. Hal ini bertujuan agar si kecil segera mendapatkan penanganan yang benar.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa Cara Mengatasi Bayi Kembung dan Muntah Muntah. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda dalam menangani si kecil yang mengalami kembung dan muntah-muntah.