Dapatkan Barang Berkualitas, Yuk Intip Cara Memilih Kamera GoPro Terbaik

Kamera GoPro memang menjadi salah satu kamera andalan bagi kamu yang sering melakukan kegiatan di luar ruangan. GoPro merupakan salah satu jenis action camera yang memang didesain untuk keperluan outdoor seperti renang, hiking hingga berselancar . GoPro menjadi salah satu merek yang cukup terkenal di Indonesia. Bagi kamu yang berniat membeli, berikut cara memilih kamera GoPro terbaik untuk mendukung kegiatanmu.

Tips Membeli Kamera GoPro yang Berkualitas

Pixabay.com
  1. Mencari Tahu Fungsi Kamera GoPro

Sebelum membeli GoPro, tentunya kamu harus mengetahui fungsi dari kamera ini terlebih dahulu. Kamera GoPro merupakan kamera dengan ukuran yang kecil dengan berat yang lebih ringan serta dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang lebih tinggi. Selain itu, kamera ini juga dapat memotret pemandangan dengan sangat baik. Kamera ini dilengkapi dengan casing yang kuat, sehingga dapat melindungi kamera saat digunakan di berbagai lokasi.

Tak hanya itu, GoPro juga dilengkapi dengan dudukan sehingga dapat ditempatkan di berbagai objek baik di pakaian, helm hingga papan selancar. Kamera ini dibekali dengan layar LCD yang cukup kecil, namun ada juga yang menggunakan layar besar seperti Garmin VIRB Elite HD Camera. GoPro menyediakan tiga tombol yaitu, tombol power, settings dan record. Untuk memudahkan penggunaan kamera tersebut kamu bisa download canon instruction manual.

  1. Memperhatikan Durasi Perekaman

Cara memilih kamera GoPro harus memperhatikan kekuatan baterai dari kamera tersebut. Kamu perlu mencari tahu seberapa lama kamera dapat merekam video secara terus menerus, sehingga kamu bisa merekam aktivitas yang kamu lakukan dengan baik. Mengingat mengganti baterai kamera action tidak mudah dan tidak dapat dilakukan sendiri. Berbeda dengan kamera digital yang baterainya dapat diganti dengan mudah setiap saat.

Daya tahan baterai juga tidak hanya dipengaruhi oleh kapasitasnya saja. Kualitas gambar juga dapat mempengaruhi seberapa lama baterai dapat digunakan. Contohnya untuk merekam video dengan resolusi yang tinggi, seperti 4K lebih menguras baterai dibandingkan dengan rekaman video dengan resolusi HD. Dengan kapasitas baterai yang lebih besar, maka kamu rekaman video dan gambar yang dihasilkan akan lebih banyak.

  1. Field of View yang Dimiliki

Umumnya, action camera dilengkapi dengan lensa fixed wide angle lens dengan panjang fokal sekitar 17mm-20mm. Dengan demikian, field of view yang dihasilkan mulai dari 140 derajat hingga 170 derajat, sehingga kamera dapat menangkap gambar sebagaimana penglihatan manusia.  Cara memilih kamera GoPro, yaitu dengan memperhatikan field of viewnya. Dengan luas angle tersebut, sehingga dapat memberikan efek mata ikan pada gambar yang dihasilkan.

Namun, beberapa orang kurang menyukai efek tersebut. Beberapa produsen action camera menghadirkan aplikasi khusus untuk melakukan penyuntingan serta menghilangkan efek fisheye tersebut. Ada juga yang menyediakan pengaturan untuk memotret gambar dengan angle yang lebih sempit, sehingga tidak ada lagi area yang distorsi pada ujung gambar yang dipotret.

  1. Mempertimbangkan Daya Tahan Kamera

Meskipun sebenarnya kamera GoPro sudah dirancang cukup kuat untuk melakukan kegiatan di outdoor, bahkan untuk aktivitas underwater sekalipun. Namun, kamu juga tepat harus mempertimbangkan kekuatan dari kamera yang akan dibeli. Permasalahannya, tidak semua action camera memiliki kekuatan yang sama, sehingga kamu harus mempertimbangkan daya tahan kamera, agar sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan.

Kamera yang dibekali dengan casing tambahan untuk digunakan di dalam air. Bahkan beberapa kamera GoPro mendukung untuk kegiatan air hingga kedalaman 40 meter. Ada juga GoPro yang hanya bisa digunakan untuk aktivitas di dalam air dengan kedalaman 10 meter saja. Cara memilih kamera GoPro akan lebih baik jika memilih action camera yang dilengkapi dengan casing untuk melindungi dari debu maupun getaran.

  1. Menyesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Sama halnya dengan membeli barang elektronik lainnya, kamu juga harus menyesuaikan dengan budget yang dimiliki saat membeli kamera GoPro. Semakin tinggi kualitas dan seri yang dimiliki, maka akan semakin mahal pula harga kamera GoPro tersebut. Jika memang memiliki budget yang cukup, maka sebaiknya kamu memilih kamera dengan kualitas terbaik. Namun, jika budget terbatas maka tidak menjadi masalah jika membeli kamera GoPro seri pertama.

  1. Bukan Hanya Sekedar Lifestyle

Kamera GoPro tidak dirancang hanya untuk sekedar gaya, maka dari itu kamera ini dibanderol dengan harga yang murah. Bahkan penggunaan kamera ini juga sangat berbeda dengan kamera yang ada pada smartphone. GoPro memang dirancang khusus untuk mengambil gambar di tempat yang ekstrim, sehingga kamu harus mempertimbangkan dengan baik sebelum membelinya.

Jika lokasi pemotretan hanya tempat biasa, maka kamu tidak perlu membutuhkan kamera GoPro, bahkan kamera smartphone sudah dirasa cukup. Jika memang membutuhkan action camera dalam waktu yang tidak lama, maka kamu bisa membeli kamera yang dibanderol dengan harga yang lebih murah. Pilihan lainnya yaitu kamu menyewa kamera GoPro di rental.

  1. Tentukan Kualitas Video yang Diinginkan

Terdapat banyak action kamera yang memiliki resolusi yang beragam, sehingga cara memilih kamera GoPro harus sesuai dengan kebutuhan. Beberapa action camera dapat merekam video dengan resolusi full HD, bahkan ada juga yang sudah mampu merekam dengan resolusi 4K. Selain itu, perhatikan juga mengenai format video yang digunakan. Umumnya, format video yang banyak dipakai yaitu format video MP4.

Ada baiknya jika memilih kamera dengan memperhatikan frame rate kamera tersebut. Biasanya action camera dapat merekam video dengan frame rate 24fps hingga 240fps. Ada juga beberapa kamera yang dapat merekam video slow motion pada frame rate 120fps dan 240fps. Kamu bisa memilih kamera GoPro  dengan frame rate yang sesuai kebutuhan.

  1. Adanya Fitur Pendukung

Pixabay.com

Pertimbangan terakhir yaitu fitur pendukung yang disematkan pada action camera tersebut. Sebagaimana saat ini, banyak action camera yang sudah dilengkapi dengan fitur WiFi untuk memudahkan transfer gambar dan video serta melakukan pengaturan melalui smartphone. Cara memilih kamera GoPro juga harus memperhatikan kartu memori yang digunakan. Karena hal ini sangat berpengaruh terhadap kualitas video yang direkam oleh kamera GoPro.

Itulah beberapa tips membeli kamera GoPro yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Pastikan memilih kamera dengan kapasitas baterai yang lebih besar sehingga kamu bisa menggunakannya dalam waktu yang lama. Selain itu, pilih action camera yang dilengkapi dengan aksesoris yang dibutuhkan untuk mendukung berbagai kegiatan yang kamu lakukan. Kamera GoPro dengan aksesoris yang lebih banyak, akan memudahkan kamu meletakkannya di tempat tertentu.