Berbagai Macam Cara Mematikan Komputer dengan Keyboard Secara Mudah dan Praktis

Penggunaan komputer merupakan salah satu hal yang lumrah dewasa ini. Hal ini dikarenakan komputer telah banyak dibutuhkan di berbagai sektor baik kesehatan, pendidikan, layanan publik, dll. Selain itu, ada banyak profesi yang menggunakan komputer.

Jika kamu menggunakan komputer, biasanya kamu akan menggunakan tombol power ataupun pilihan menu shutdown yang telah secara default dipasang di komputer. Akan tetapi, terkadang ketika komputer mengalami not responding atau hang, maka tombol shutdown itu tidak bisa berfungsi secara semestinya.

Selain itu, ada beberapa kombinasi tombol di keyboard yang dapat digunakan untuk mematikan komputer dengan mudah dan praktis. Sehingga, kamu tidak perlu menggunakan tombol power ataupun menu shutdown yang tersedia. Cara ini bisa dilakukan ketika membutuhkan waktu yang cepat untuk mematikan komputer.

Lantas, bagaimana cara mematikan komputer melalui tombol keyboard? Berikut ini beberapa kombinasi tombol keyboard dan langkah yang bisa dilakukan untuk mematikan komputer dengan praktis dan mudah.

Langkah – Langkah Mematikan Komputer dengan Menggunakan Tombol Keyboard

Pixabay.com

Kombinasi tombol keyboard yang digunakan untuk mematikan komputer akan bergantung pada jenis operating systems atau OS yang digunakan. Sebagai contoh, Windows XP dan Windows 8 memiliki kombinasi tombol keyboard yang berbeda.

Jikak kamu menggunakan OS Windows 7, 8, 8.1, dan 10, maka kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk mematikan komputer melalui keyboard. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Alt + F4.

Untuk menggunakan cara ini, kamu harus memastikan bahwa semua program yang dijalankan seperti program office harus dimatikan seluruhnya. Setelah itu, masuklah ke tampilan dekstop. Kemudian, kamu bisa menekan tombol Alt + F4 secara bersamaan. Akan muncul kotak dialog yang berisi menu untuk mematikan komputer. Pilihlah menu Shut Down kemudian tekan OK. Kamu juga bisa menekan tombol Enter setelah memilih Shut Down. Maka, komputer akan mati secara otomatis.

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete. Seperti langkah sebelumnya, pastikan semua program telah ditutup. Kemudian, masuklah ke tampilan dekstop. Setelah itu, tekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan. Kemudian, akan muncul kotak dialog. Pilihlah menu Shut Down dan klik OK atau tekan tombol Enter. Maka, komputer akan mati secara otomatis.

Kamu juga bisa mematikan komputer melalui cara normal dengan melakukannya lewat keyboard. Langkah pertama adalah tekan tombol Windows pada Keyboard. Maka, akan ada pilihan menu dan program yang bisa dijalankan. Kamu bisa memilih bagian power option atau Shut Down dengan menggunakan tombol panah. Setelah berhasil menemukan pilihan Shut Down, maka tekanlah Enter. Cara ini bisa dilakukan di OS Windows versi berapa saja. Selain itu, cara ini juga bisa dilakukan ketika mouse memiliki masalah sehingga tidak bisa digunakan.

Cara selanjutnya dapat dilakukan pada komputer yang menggunakan Windows XP sebagai OS. Jika komputermu menggunakan Windows XP, maka langkah pertama adalah memastikan bahwa semua program telah ditutup. Setelah itu, tekanlah tombol Windows. Kemudian, tekanlah tombol U. Setelah itu, tekanlah tombol U sekali lagi. Maka, komputer akan mati secara otomatis.

Selain menggunakan keyboard, mematikan komputer juga bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, cara normal yang bisa digunakan terutama pada Windows 7, 8, dan 10 adalah dengan menekan opsi Shut Down pada menu Power. Cara ini merupakan cara standar yang bisa digunakan.

Kamu juga bisa mematikan komputer dengan klik kanan pada menu Start. Setelah itu, pilihlah option Shut Down. Kemudian tekan Enter maka komputer akan mati secara otomatis. Cara ini juga terbilang mudah.

Berbagai Tips dan Trik Menggunakan Tombol Keyboard

Pixabay.com

Keyboard yang digunakan dalam komputer memiliki banya fungsi. Keyboard tidak hanya digunakan untuk mengetik kalimat atau membuat teks saja. Akan tetapi, keyboard juga bisa digunakan untuk mengganti fungsi mouse. Salah satunya adalah mematikan komputer. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa ada beberapa kombinasi tombol keyboard yang bisa digunakan untuk mematikan komputer.

Sebagai contoh, jika kamu ingin membukan menu Help, maka kamu bisa menggunakan kombinasi tombol Alt + H. Sementara itu, jika kamu ingin mengaktifkan menu Windows, kamu juga bisa menekan tombol Alt + W. Keyboard juga bisa digunakan untuk melakukan screenshot dengan mudah yaitu dengan menekan tombol PrtSc. Kamu juga bisa mengatur tingkat kecerahan layar komputer hanya dengan tombol keyboard tanpa harus masuk ke dalam menu Control Panel.

Secara umum, tombol keyboard sangat berguna terutama di program office. Ada banyak kombinasi yang bisa dilakukan seperti Ctrl + F1 hingga Ctrl + F12. Beberapa kombinasi tombol Alt dengan beberapa tombol huruf juga bisa digunakan.

Jika kamu ingin mengetahui beberapa kombinasi tombol keyboard yang lain kamu bisa mengunjungi website https://wasiswa.com/. Ada banyak tips tentang komputer yang bisa kamu dapatkan di sana termasuk tips bagaimana merawat komputer dengan baik. Kamu juga bisa mengetahui beberapa rekomendasi antivirus yang bisa digunakan oleh komputermu.