9 Cara Agar Laptop Tidak Lemot yang Wajib Anda Tahu

Bisa dikatakan banyak sekali PC atau laptop yang beredar di pasaran dan memiliki performa yang sangat bagus. Apalagi ditambah dengan sistem operasi Widows 10 yang memiliki performa ngebut dibandingkan dengan pendahulunya. Namun seringkali laptop atau PC yang digunakan performa yang dimiliki perlahan menurun atau lemot. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor termasuk usia dari laptop tersebut.

Menggunakan laptop atau PC yang lemot tentu akan lebih menjengkalkan, apalagi jika anda sedang dikejar deadline. Anda tentu sering merasa kesal, jengkel dan frustasi karena laptop yang seringkali lemot tersebut. Jika anda mengalami hal ini jangan kesal dulu, pasalnya anda bisa memperbaiki laptop yang lemot tersebut dengan melakukan beberapa cara. Yuk simak cara agar laptop tidak lemot berikut.

Tips Mengatasi Laptop Lemot Agar Kembali Kencang

Pixabay.com

1 Uninstall Aplikasi tak Terpakai

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi laptop lemot adalah uninstall aplikasi tak terpakai. Faktor aplikasi ini bisa menjadi pemicu laptop lemot apalagi jika sudah berumur di bawah 3 tahun. Pasalnya terlalu banyak aplikasi akan membuat drive C menjadi penuh dan membuat sistem terlalu dalam dalam membaca hard disk. Hal ini juga akan menyebabkan pembacaan data yang ada dalam hard disk membutuhkan waktu yang lebih dalam dari biasanya.

Oleh karenanya cobalah uninstall beberapa aplikasi yang tidak anda perlukan atau jarang dipakai. Biasanya aplikasi yang tidak perlu ini tanpa sengaja di install ketika sedang masuk berselancar di internet. Tanpa sengaja anda mengijinkan aplikasi tersebut terinstall dan membuat laptop menjadi lemot. Anda juga harus lebih rajin untuk melakukan pengecekan aplikasi yang membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

  1. Menggunakan Aplikasi Seperlunya

Penggunaan RAM yang berlebihan juga merupakan salah satu yang menyebabkan laptop menjadi lemot. Biasanya hal ini akan terjadi bila user terlalu banyak membuka aplikasi yang berat dalam sekali running. Misalnya anda bermain game dan memutar playlist secara bersamaan, maka hal ini bisa menjadi pemicu laptop menjadi lemot. Oleh karenanya mulailah rajin untuk membersihkan RAM komputer dengan menutup aplikasi atau menggunakan task manager.

  1. Membersihkan Dekstop

Banyaknya aplikasi yang ada di dalam satu desktop juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab laptop menjadi lemot. Hal ini tentu tidak menjadi masalah jika anda memiliki laptop dengan kapasitas yang besar. Namun jika anda hanya memiliki laptop dengan kapasitas yang kecil, maka jangan terlalu menginstall banyak aplikasi. Terlalu banyak aplikasi yang ada di dalam desktop akan menyebabkan laptop terlalu lama merespon apa saja yang anda kerjakan.

  1. Rajin Scanning Virus

Virus dalam laptop atau komputer juga bisa menjadi salah satu pemicu menurunnya performa dari PC. Cara agar laptop tidak lemot bisa dilakukan dengan melakukan scanning virus pada laptop anda. Scanning virus adalah salah satu hal yang sangat penting dan wajib untuk dilakukan oleh setiap pengguna. Pasalnya beberapa virus dapat menyebabkan memori RAM menjadi semakin sempit.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan performa laptop menjadi turun dan sering kali lemot. Oleh karenanya antivirus dalam laptop sangatlah penting untuk bisa membantu anda menjaga performa dari suatu laptop tersebut. Anda bisa meminta jasa tukang service laptop untuk membersihkan virus. Biasanya laptop akan dipasangkan dengan antivirus yang secara otomatis membersihkan laptop anda.

  1. Gunakan Aplikasi Sesuai Memory

Pengguna laptop tentunya harus mengetahui spesifikasi dari laptop yang dimiliki. Para pengguna pun harus menginstall aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi laptop. Apabila menginstall aplikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi pada laptop, maka jangan heran jika nantinya menjadi lemot meskipun baru dibeli. Oleh karenanya mulai pilahlah aplikasi yang benar benar anda butuhkan jika spesifikasi laptop anda kecil untuk menjaga performanya.

  1. Menambahkan Kapasitas RAM

Cara yang paling ampuh untuk mengobati penyakit lemot pada laptop adalah melakukan penambahan kapasitas RAM. Kapasitas RAM yang lebih besar berarti akan memperbaiki proses reading oleh processor. Cara agar laptop tidak lemot dengan penambahan RAM akan membantu meringankan kerja laptop, sehingga dapat mengurangi gejala lemot pada laptop. Namun perlu diperhatikan secara khusus anda bisa menambahkan kapasitas maksimum RAM yang bisa diaplikasikan pada laptop.

  1. Membersihkan Bagian Dalam Laptop

Keberadaan debu pada laptop ternyata juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Pembersihan bagian dalam laptop juga sangat perlu dilakukan secara rutin, apalagi jika anda sudah memiliki laptop berusia 3 tahun. Laptop bisa saja kemasukan berbagai macam jenis debu dan juga materi halus lainnya. Sehingga dapat menyebabkan laptop menjadi cepat dan panas sehingga menjadi lemot.

Oleh karenanya, sangat diperlukan untuk melakukan pembersihan pada laptop. Hal ini bertujuan untuk mengurangi gejala laptop lemot. Bersihkan bagian dalam dan luar laptop sehingga bisa terbebas dari debu yang menumpuk di dalamnya. Anda bisa menggunakan alat pembersih khusus laptop sehingga memudahkan untuk mengangkat debu yang ada di dalamnya.

  1. Menggunakan Thermal Paste

Thermal paste adalah salah satu pasta yang biasa dioleskan pada sebuah processor dan berguna untuk membantu mendinginkan processor. Hal ini berguna untuk menjaga suhu processor agar tidak cepat panas. Pengaplikasikan dari thermal paste ini dapat membantu processor untuk menjaga suhunya agar tidak terlalu panas sehingga mesin laptop tetap stabil. Mesin laptop yang panas akan berakibat pada lemotnya sistem yang ada di dalamnya.

  1. Menggunakan Netbook Cooler

Pixabay.com

Jangan pernah sepelakan menggunakan netbook cooler untuk laptop anda. Penggunaan kipas tambahan ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga  suhu laptop agar tidak terlalu panas. Suhu yang terlalu panas artinya akan meningkatkan kemungkinan laptop menjadi lemot. Cara agar laptop tidak lemot menggunakan netbook cooler ini akan mendukung untuk menjaga kestabilan laptop anda sehingga meminimalisir lemot.

Dengan mengetahui beragam cara untuk menangani laptop lemot, maka anda tidak perlu khawatir lagi. Melakukan beragam cara diatas bisa membantu anda untuk menjaga performa laptop sehingga tidak turun. Anda bisa menambahkan memori, menggunakan netbook cooler atau rajin scaning virus. Untuk bisa mendapatkan tips dan trik seputar laptop anda bisa langsung mengunjungi www.charis.id yang menyediakan beragam informasi unik.