Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat

Walaupun sudah mengonsumsi makanan bergizi, Ibu menyusui juga masih bisa sakit. Untuk mengobati sakitnya tak sedikit Busui yang minum obat agar cepat sembuh.
Meminum obat adalah salah satu cara mengobati rasa sakit. Bagi para Busui bisa saja terkena sakit seperti demam, flu, alergi dan lainnya. Jika tidak segera diobati maka akan berpengaruh terhadap kesehatan anak. Biasanya apabila ibu demam dan menyusui anaknya maka anak juga akan ikut sakit. Sehingga sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan ibu agar ASI tetap terpenuhi. yuk ikuti informasinya.
meminum obat menjadi pertimbangan bagi para Busui. Hal itu karena obat yang diminum biasanya akan terkandung dalam ASI yang akan diberikan kepada bayinya. tetapi jika tidak segera minum obat juga akan berakibat tidak baik bagi kesehatan Busui dan akhirnya berimbas ke anaknya. Karena itu tak salah para busui menanyakan Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat. Ingin tahu jawabannya simak pembahasannya di bawah ini.
Secara umum mengonsumsi obat bagi busui diperbolehkan. Tetapi alangkah baiknya dikonsultasikan dahulu kepada dokter agar diberikan resep yang tepat. Karena ada beberapa obat yang tidak aman untuk ibu menyusui.
beberapa obat yang perlu dihindari oleh ibu menyusui jika busui mengalami sakit seperti:
– Pilek dan flu
Obat-obatan yang mengandung pseudoephedrine harus dihindari karena dapat menyebabkan bayi rewel dan menurunkan produksi asi. anda bisa menggunakan alternatif seperti inhalasi uap dan semprotan hidung salin.
– Demam, asma, dan alergi
Obat-obatan yang mengandung exofenadine dan cetirizine harus dihindari.  mengonsumsi Obat yang mengandung ibu profen dan paracetamol Bagi busui yang demam cukup aman. Penggunaan antibiotik biasanya aman, tetapi tetap ikuti saran dokter.
Berikut yang perlu diperhatikan busui jika harus meminum obat
1. Pilih dosis yang tepat,
2. Segera minum obat setelah menyusui untuk mengurangi konsentrasi obat dalam ASI
3. Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi untuk mempercepat penyembuhan
Demikian informasi mengenai Bolehkah Ibu Menyusui Minum Obat. Semoga bermanfaat.