Bagaimana cara menghilangkan merah di pipi yang bisa dilakukan di rumah?

 

Kamu mungkin pernah mendapati ada bercak merah yang ada di pipi. Bercak merah tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit kulit ataupun alergi terhadap produk kecantikan yang dikenakan di wajah. Warna merah pada pipi dapat menganggu penampilan. Serta itu, terkadang bercak merah tersebut bisa menimbulkan perasaan tidak nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, akan lebih baik jika kamu konsultasikan ke dokter kulit. Akan tetapi, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di rumah sebagai salah satu cara pertama untuk menghilangkan bercak merah yang ada di wajah terutama di bagian pipi.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan gel atau krimm yang mengandung lidah buaya.  Ada beberapa komponen dalam lidah buaya yang bisa membantu pencegahan radang kulit yang semakin parah. Selain itu, zat aktif dalam lidah buaya juga dapat memacu kulit untuk melakukan regenerasi kulit lebih cepat serta mengurangi rasa sakit yang ada pada kulit. Kamu bisa memilih menggunakan krim atau gel lidah buaya yang ada di pasaran ataupun dengan membuat masker lidah buaya sendiri. Sementara itu, kamu juga bisa menggunakan kompres air dingin pada wajah yang mengalami kemerahan karena kulit yang sensitif. Kompres air dingin akan memberikan sensasi dingin dan dapat meringankan gejala yang dialami oleh kulit.

Apabila becak kemerahan yang ada pada wajah disebabkan oleh paparan sinar matahari, kamu bisa menghilangkannya dengan menggunakan minyak kelapa. Zat antioksidan yang ada pada minyak kelapa dapat membantu kulit yang sensitif karena sinar matahari. Jika kulit mengalami bercak merah karena diakibatkan oleh dermatitis seboroik, kamu bisa mengoleskan madu pada bagian kulit yang mengalami kemerahan. Madu mempunyai kandungan zat antibakteri sehingga bisa digunakan untuk kulit yang terkena infeksi bakteri. Selain itu, madu juga bisa digunakan untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit akan tampak lebih sehat. Jika hal di atas belum bisa mengatasi bercak merah yang ada pada kulit, kamu bisa konsultasikan ke dokter kulit.