Apa Itu Jilbab

Saat ini banyak sekali perempuan Indonesia yang memutuskan berhijrah dengan mengenakan jilbab untuk menutup aurat yang dimilikinya. Jilbab dikenal dari dulu merupakan kain penutup aurat yang berfungsi untuk menutup aurat perempuan bagian atas yakni rambut, leher, dan bagian dada. Namun saat ini, ditengah perkembangan zaman yang pesat makna jilbab juga mengalami perubahan. Jilbab saat ini sudah menjadi sebuah identitas bagi perempuan muslim terutama Indonesia, bahkan sudah menjadi sebuah bagian dalam gaya berpakaian. Efeknya, berpakaian busana muslim dengan mengenakan jilbab sudah menjadi sebuah tren yang akan terus mengalami perkembangan. Mulai dari jilbab modern, praktis, sampai instan saat ini sudah tersedia semuanya dan akan terus berubah modelnya.

Definisi Jilbab

Apakah anda mengetahui jilbab? Jilbab dalam bahasa arab berasal dari akar kata jalaba yang memiliki makna berarti membawa. Dalam bentuk jamaknya adalah jalabib yang bermakna kimono. Atau baju yang luas. Jilbab juga berarti pakaian lebar yang digunakan untuk menutupi seluruh badan dari ujung rambut dampai dengan kaki kecuali muka dan telapak tangan. Namun dalam kamus besar bahasa Indonesia, jilbab memiliki pengertian kerudung lebar yang dipakai wanita muslim untuk menutupi kepala dan leher sampai dada. Memakai jilbab merupakan kewajiban bagi perempuan muslim. Jilbab merupakan bagian dari syariat penting untuk dilaksanakan oleh seorang wanita muslim.

Jenis-Jenis Jilbab Fashion

Tidak hanya pakaian muslim saja yang mengalami perkembangan, namun jilbab juga dapat berkembang dengan pesat. Banyak sekali jenis-jenis jilbab yang saat ini sudah beredar di pasaran. Mulai dari jilbab yang modern, praktis, sampai yang instan semuanya sudah tersedia di pasaran. Ini juga didukung dengan kemunculan para desainer-desainer jilbab yang sangat banyak. Mereka muncul guna memenuhi permintaan dan antusias yang tinggi dari masyarakat itu sendiri. para desainer bekerja keras menghasilkan model-model jilbab yang baru. Berikut ini beberapa jenis jilbab yang sudah beredar di pasaran dan mungkin anda bisa membeli setelahnya.

Pertama, kenakan jilbab berbentuk segi empat. Namun sebelumnya lipatlah jilbab tersebut menjadi bentuk segitiga. Kemudian rekatkan kedua sisi kanan dan kiri dengan jarum pentul yang berada di tengah di bawah dagu. Lalu tarik kedua sisi jilbab secara menyilang ke arah belakang jilbab. Rapikan jilbab bagian depan dan belakang agar terlihat sempurna. Jilbab model ini termasuk yang sangat mudah dan sederhana. Cocok digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, baik untuk menghadiri acara formal maupun non formal. Model jilbab ini selalu dapat diandalkan.

Jika kamu tidak menyukai model yang pertama, diikatkan di belakang dan terkadang membuat tampilan yang kurang rapi, anda bisa menggunakan model jilbab berikut ini untuk tampilan yang lebih rapi dan formal. Pertama-tama letakkan jilbab di kepala dan sematkan jarum pentul di tengah-tengah kedua sisi kanan dan kiri di bawah dagu. Tarik kedua kedua sisi jilbab dengan menyilang ke belakang, sembunyikan di balik jilbab. Biarkan segi tiga jilbab yang dibelakang menutupinya dan rapikanlah agar terlihat sempurna. Model jilbab ini cocok untuk karakteristik wajah yang bulat dan untuk menghadiri acara-acara formal.

Bagi anda semua yang memiliki masalah pipi tembam, tenang. Model jilbab yang selanjutnya ini bisa digunakan untuk menyamarkan atau menyembunyikan pipi tembam anda. Pertama-tama jangan lupa memakai inner berbahan kaos  yang nyaman atau inner lainnya yang dapat membuat kepala anda nyaman. Kemudian pilih salah satu sisi jilbab bisa kanan atau kiri, kaitkan salah satu sisinya di bagian samping atas sekitar telinga dengan memakai jarum pentul. Bagian sisi jilbab yang masih menjuntai tali ke belakang leher untuk menutupi leher jenjang anda. Kemudian rapikan agar terlihat rapi dan sempurna. Model jilbab ini rata-rata berhasil untuk menyamarkan pipi tembem pemakai, jika anda tertarik mengenakannya, anda bisa mempraktekannya dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Jilbab model ini juga cocok anda gunakan untuk mengahadiri sebuah acara formal.

Model selanjutnya yakni model jilbab asimetris. Pakai inner dan taruh jilbab di atas kepala dengan dua sisi yang sama panjang. Lalu kaitkan kedua sisi dengan menggunakan jarum pentul atau peniti. Ambil sisi kanan jilbab, putarlah mengitari leher hingga kembali ke sisi kanan lagi. kaitkan ujung jilbab menggunakan bros agar tampak manis.

Cara-cara di atas ini bisa anda terapkan di rumah untuk digunakan dalam beraktivitas sehari-hari, baik untuk menghadiri acara formal, non formal, maupun hanya untuk sekedar jalan-jalan saja bersama teman, pacara, ataupun keluarga. Jilbab segi empat, jilbab modern, jilbab instan, bisa anda temukan di toko-toko terdekat di daerah anda. Toko-toko yang marak saat ini jual jilbab syari, murah, beragam dan sangat terjangkau. Tidak hanya jilbab saja, toko-toko saat ini juga menyediakan busana muslim beserta perlengkapannya. Hal ini dilatarbelakangi oleh tingginya antusias masyarakat terhadap berbusana. Baik laki-laki maupun perempuan, mereka sama-sama menggandrungi berbusana yang trendy. Jangan khawatir, toko-toko saat ini juga tidak kuno seperti dulu, saat ini toko-toko sudah jauh lebih maju. Mereka akan terus memperbaharuinya guna memenuhi keinginan masyarakat.