4 Cara Mengatasi Anak Tertekan Yang Bisa Dilakukan Orang Tua

Merasa tertekan tak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa. Penyebab stres atau tertekan pada anak anak cukup beragam, mulai dari aktivitas sekolah hingga lingkup pergaulannya. Bahkan tak jarang si kecil juga akan merasa minder atau sakit hati dari orang sekitarnya. Sebagai orang tua, tentunya ada tidak bisa diam saja ketika gejalanya mulai muncul. Berikut beberapa cara mengatasi anak tertekan yang bisa orang tua lakukan, simak ulasannya berikut.

Cara Mudah Untuk Mendampingi Dan Mengatasi Anak Tertekan

  1. Ajak Untuk Berkomunikasi

Agar tak membuat anda hanya menerka nerka, maka  langkah yang bisa anda lakukan adalah mengajaknya untuk bicara atau komunikasi. Awalnya mungkin akan sangat susah, dan anak bisa saja menolak. Untuk itu orang tua perlu untuk melakukan pendekatan yang khusus agar si kecil bisa terbuka. Anda harus memposisikan diri sebagai teman cerita yang baik. Dengarkan saja semua ceritanya, barulah mengajaknya bicara dari hati ke hati.

Tak hanya si kecil, dalam langkah ini anda juga harus terbuka kepadanya. Hal ini berguna agar rasa percaya si kecil kepada anda meningkat dan membuatnya bisa terbuka. Untuk bisa terbuka memang memperlukan beberapa tahapan dan tidak secara langsung. Ketika si kecil bercerita, anda harus siap memposisikan sebagai pendengar yang aktif. Tak hanya memanfaatkan telinga, anda juga harus menggunakan hati serta mata anda agar ia makin nyaman.

  1. Menunjukkan Anda Peduli

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, jika membuat anak terbuka tidak bisa dalam sekejap. Selama ia belum bisa terbuka, anda harus selalu menunjukkan rasa peduli anda. Saat ia sedih, anda bisa mendekapnya serta menenangkannya. cara mengatasi anak tertekan satu ini cukup efektif untuk membuatnya merasa jika ada yang peduli dengannya. Selain itu juga meningkatkan rasa aman, rasa percaya diri hingga sarana meditasi yang baik.

  1. Menawarkan Solusi

Hal yang bisa anda lakukan selanjutnya yakni menawarkan solusi atas apa yang dialami si kecil. Setelah berkomunikasi, tentunya anda sudah bisa memastikan apa yang membuat si kecil merasa tertekan. Sehingga anda bisa menawarkan solusi yang terkait sehingga anak tidak akan salah mengambil langkah nantinya. Terkadang selain solusi, anak hanya perlu didukung dan didampingi untuk menghadapi setiap hal.

  1. Menghabiskan Waktu Bersama

Meluangkan waktu dengan si kecil atau keluarga juga bisa menjadi langkah efektif untuk membuat si kecil tak lagi tertekan. Terutama jika penyebab tertekannya adalah rutinitasnya setiap hari, karena anak anak pasti akan merasa jenuh dengan apa yang dilakukannya. Menghabiskan waktu bersama juga bisa menjadi cara untuk bonding, menguatkan sekaligus bisa membuat anak merasa bahagia.

Anak anak juga akan mengalami masa masa sulit yang bisa membuatnya tertekan. Sebagai orang tua, tentunya anda harus melakukan sesuatu agar membuatnya kembali ceria. Sebenarnya dalam menghadapi anak tertekan, anda hanya perlu untuk terus mendampingi ketika ia dalam masa sulit. Sehingga membuatnya merasa tidak sendirian dan ada orang orang yang siap untuk membantunya.