3 Cara Mengobati Luka Bernanah Di Jempol Kaki Yang Bisa Dicoba Di Rumah

Luka bernanah di jempol kaki biasa dikenal dengan nama cantengan. Cantengan adalah bahasa kedokteran, tetapi hampir semua orang mengetahui maksudnya.  Luka bernanah di jempol kaki biasanya diakibatkan oleh beberapa faktor, seperti memotong kuku terlalu pendek, menggunakan sepatu terlalu sempit, akibat infeksi jamur,  bahkan karena bentuk kuku yang tidak lurus dan cenderung bergelombang.

 

Luka bernanah di jempol kaki sebenarnya tidak berbahaya, tetapi bukan berarti bisa disepelekan karena luka bernanah ini bisa menyebabkan infeksi pada kaki.  Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengobati luka bernanah di jempol kaki yang akan kami berikan berikut ini.

 

Cara Mengobati Luka Bernanah Di Jempol Kaki

Berikut ini adalah cara merawat dan mengobati luka bernanah di jempol kaki yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

  1. Merendam kaki dengan menggunakan air hangat kuku.

Apabila nanah yang terdapat pada jempol kaki Anda masih dikategorikan biasa saja, cara mengobatinya sangat mudah.  Anda cukup melakukan merendam kaki dengan air hangat-hangat kuku selama 10-20 menit. Lakukan perendaman sebanyak 3 kali sehari agar luka Anda cepat sembuh.

 

  1. Merendam kaki dengan menggunakan air dicampur cuka apel.

Anda juga dapat mengobati luka bernanah pada jempol kaki dengan merendam kaki Anda di air cuka.  Caranya adalah dengan mengambil 60 ml cuka apel asli dan campurkan ke dalam ember/baskom yang berisi air hangat.  Lakukan perendaman sampai kurang lebih 20 menit saja, lalu keringkan kaki Anda.

 

  1. Mengoleskan krim anti biotik

Selain melakukan perendaman dengan kedua cara di atas, Anda juga bisa mengobati luka bernanah dengan cara mengoleskan krim anti biotik yang dijual di apotek.  Cara ini dianggap merupakan langkah efektif karena akan menyembuhkan sekaligus mengobatinya infeksi yang ada pada kaki.  Jangan lupa untuk mengoleskan krim ini sebanyak 3 kali sehari untuk mempercepat proses penyembuhan.

 

Apabila setelah melakukan cara mengobati luka bernanah di jempol kaki di atas luka Anda tidak kunjung sembuh juga, Anda bisa segera memeriksakannya ke dokter terdekat.